Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Alami

Kompas.com - 09/05/2021, 20:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Saat orang makan, bakteri akan memecah kandungan karbohidrat dari sisa makanan denga air liur untuk membentuk plak. Menyikat gigi secara rutin serta menggunakan benang gigi atau sikat interdental akan mencegah plak mengeras menjadi karang gigi.

Karang gigi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan adanya kaitan penyakit gusi dengan pneumonia, demensia, dan penyakit jantung.

Karang gigi sejatinya hanya bisa dibersihkan dengan tindakan scaling di dokter gigi. Namun, dilansir dari Medical News Today (31/1/2019), ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

Sikat gigi dengan baking soda

Menyikat gigi dengan tambahan baking soda atau soda kue adalah salah satu cara aman untuk menghilangkan plak. Soda kue mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Science Direct tahun 2017, pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif untuk menghilangkan plak dibandingkan pasta gigi tanpa soda kue. Selain itu, soda kue juga melindungi gigi dari demineralisasi, yaitu proses kimia yang melepaskan partikel kalsium dari enamel gigi.

Soda kue memiliki pH tinggi yang bisa menetralkan kondisi asam pada mulut yang bisa menyebabkan demineralisasi pada gigi. Kondisi asam pada mulut bisa terjadi setelah makan akibat adanya karbohidrat dalam rongga mulut.

Baca juga: 9 Penyebab Bau Mulut dan Penjelasannya Menurut Sains

Soda kue juga memiliki efek antimikroba yang bisa mencegah gigi berlubang. Sebuah studi menunjukkan bahwa soda kue bisa menurunkan jumlah bakteri Streptococcus mutans yang merupakan bakteri penyebab gigi berlubang.

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu cara alami untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut. Minyak kelapa memiliki khasiat sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam laurat yaitu asam lemak yang memiliki fungsi antimikroba.

Sebuah studi yang dipublikasikan di NCBI tahun 2015 menunjukkan penurunan plak sebesar 50% setelah menggunakan minyak kelapa. Partisipan penelitian juga melaporkan berkurangnya radang gusi seara signifikan, sebagai hasil dari berkurangnya plak.

Untuk menghilangkan plak menggunakan minyak kelapa, Anda hanya perlu memasukan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut. Lalu ratakan minyak kelapa ke semua permukaan di dalam mulut selama 5-10 menit. Lalu buang dan berkumur. Jika tidak punya minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond.

Membersihkan gigi secara teratur

Cara terbaik untuk menghilangkan plak dan karang gigi adalah dengan mencegahnya. Direkomendasikan untuk menyikat gigi dua kali hari dengan pasta gigi berflouride dan menggunakan benang gigi satu kali sehari.

Menggunakan benang gigi mungkin tidak umum dilakukan kebanyakan orang. Namun benang gigi atau dental floss bermanfaat menghilangkan plak atau sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak tercapai oleh bulu sikat gigi.

Anda juga perlu memerhatikan cara Anda menyikat gigi. Ada berbagai cara menyikat gigi yang efektif dan harus disesuaikan dengan kondisi gigi dan mulut Anda. Konsultasikan ke dokter gigi, cara menyikat gigi yang tepat untuk Anda.

Anda juga bisa menggunakan sikat gigi elektrik untuk memaksimalkan proses pembersihan plak. Sikat gigi elektrik terbukti lebih efektif menghilangkan plak pada lansia dan orang yang menggunakan behel.

Baca juga: Ilmuwan Buat Pasukan Robot Mini Pembersih Karang Gigi, Berani Coba?

Makan banyak buah dan sayur

Buah dan sayur tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Anda, namun juga sehat untuk gigi Anda. Contoh buah yang bisa membantu Anda untuk mengurangi plak adalah apel, wortel, atau pir. Tidak perlu memotong buah-buahan yang akan Anda makan. Mengigitnya langsung akan membuat gigi Anda lebih kuat dan bersih.

Namun, untuk mencegah penyakit gigi dan mulut lainnya atau menghilangkan karang gigi yang membandel, tetap rutin datang ke dokter gigi 6 bulan sekali ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com