Kompas.com - 04/05/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi anak kucing. PIXABAY/AUENLEBENIlustrasi anak kucing.

KOMPAS.com - Anak kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang banyak menjadi pilihan banyak orang karena sosoknya yang lucu dan menggemaskan. Namun, merawat anak kucing harus ekstra perhatian.

Dilansir dari University of Wisconsin Shelter Medicine, terdapat 5 cara mudah untuk merawat anak kucing.

Jaga anak kucing tetap hangat

Anak kucing dibawah usia empat minggu, belum memiliki kemampuan termoregulasi pada tubuhnya. Sehingga, anak kucing sangat rentan kedinginan. Kita perlu menjaga badan anak kucing agar tetap hangat.

Cara yang paling mudah adalah menyimpan kandang kucing di tempat yang hangat. Beri alas pada kandang kucing dengan menggunakan kain tebal atau handuk untuk menambah kehangatan.

Suhu yang biasanya diberikan oleh induk kucing berkisar di suhu 38-39 derajat Celcius. Sedangkan dengan cara menambahkan handuk pada kandang kucing bisa menjaga suhu setidaknya 29 derajat Celcius. Suhu ini cukup ideal untuk menjaga anak kucing tetap hangat dan nyaman.

Anak kucing masih membutuhkan suhu hangat hingga usia enam minggu. Lebih dari itu, ia sudah mampu keluar kandang sendiri untuk mencari tempat yang lebih hangat.

Jaga asupan nutrisi anak kucing

Penting untuk memantau pertambahan berart badan anak kucing karena ini merupakan indikator cukupnya nutrisi anak kucing. Berat badan anak kucing biasanya bisa bertambah sekitar 14 gram per hari atau 113 gram per minggu.

Anak kucing biasanya akan sering menyusu pada ibunya. Jika dirasa anak kucing kurang banyak menyusu, kita bisa memancing anak kucing dengan menyodorkan lagi ke ibunya. Anak kucing yang sehat akan menyusu kepada ibunya hingga 45 menit setiap kali menyusu.

Namun, ada kalanya anak kucing perlu nutrisi tambahan dengan diberikan susu. Pemberian susu tambahan bisa menggunakan media sendok, botol, atau pipet. Pastikan badan anak kucing tetap hangat saat diberi susu tambahan, karena anak kucing tidak bisa mencerna makanan jika suhu tubuhnya rendah.

Susu tambahan bisa diberikan per dua jam. Takaran yang dibutuhkan adalah dua sendok makan per 100 gram berat badan dalam waktu 24 jam. Suhu susu tambahannya harus dalam keadaan hangat, yaitu sekitar 38 derajat Celcius.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X