Kompas.com - 06/05/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi kucing tidak mau makan PIXABAY/ANDREAS LISCHKAIlustrasi kucing tidak mau makan

KOMPAS.com - Anda punya kucing di rumah? Kucing Anda tidak mau makan? Bisa jadi ini penyebab kucing tidak mau makan.

Jika memelihara kucing di rumah, Anda harus memerhatikan pola makan kucing Anda. Kebiasaan makan kucing bisa menjadi tanda jika terjadi sesuatu pada kucing. Salah satu perubahan pola makan yang bisa terjadi adalah kucing tidak mau makan. Jika kucing Anda tidak mau makan, Anda harus segera mencari tahu penyebabnya.

Simak beberapa penyebab kucing tidak mau makan yang dilansir dari PetMD (31/7/2020).

Sakit saluran pernafasan

Kucing adalah hewan yang nafsu makannya terangsang melalui penciuman. Jika kucing pernafasannya terganggu, ia akan mengalami penurunan nafsu makan. Gangguan pernafasan pada kucing bisa jadi disebabkan karena penyakit infeksi dan non infeksi.

Penyakit infeksi yang sering terjadi pada kucung adalah flu. Penyakit non-infeksi pada kucing yang mungkin terjadi adalah poli atau tumor pada rongga hidungnya.

Baca juga: Kucing Keracunan, Kenali Tanda-tanda dan Jenis Zat Beracunnya

Sakit gigi

Kucing bisa mengalami radang pada gusinya yang menyebabkan kucing kesakitan dan tidak mau makan. Selain itu, terdapat pula kasus kucing mengalami abses gigi, gigi berlubang, gigi fraktur, hingga kanker mulut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gangguan pencernaan

Gejala paling umum dari kucing yang terkena gangguan pencernaan adalah mual dan muntah. Kucing akan terlihat lapar dan ingin makan, namun tidak jadi makan. Mual pada kucing bisa disebabkan karena penyakit ginjal dan konsumsi obat-obatan.

Selain itu, kucing juga bisa mengalami sakit pada lambung, usus, pankreas, atau organ pencernaan lainnya. Penyebabnya pun beragam, mulai dari refluks asam lambung, tumor, hingga parasit.

Gangguan emosional

Kucing juga memliki perasaan dan bisa menjadi emosional jika ada perubahan akan sesuatu. Kucing akan merasa stress atau cemas. Contoh penyebab kucing stress adalah kehilangan anggota keluarga di rumah, kedatangan anggota keluarga baru, perubahan posisi kandang, dan tempat makan.

Berbeda dengan kucing dewasa, anak kucing butuh perhatian khusus jika tidak mau makan. Anak kucing mulai memakan makanan padat diusia 6-8 minggu. Berikut beberapa penyebab anak kucing tidak mau makan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X