Kompas.com - 22/04/2021, 18:06 WIB
Bintang Sirius, bintang paling terang di alam semesta. Sirius adalah satu-satunya nama bintang yang disebutkan dalam Al Qur'an, dengan nama bintang Syi'raa dan merupakan bintang tunggal yang disebut Najm dalam astronomi Islam. Akira Fujii/Hubble European Space Agency via WIKIMEDIA COMMONSBintang Sirius, bintang paling terang di alam semesta. Sirius adalah satu-satunya nama bintang yang disebutkan dalam Al Qur'an, dengan nama bintang Syi'raa dan merupakan bintang tunggal yang disebut Najm dalam astronomi Islam.


KOMPAS.com- Bintang adalah sebutan masyarakat awam terhadap benda-benda langit yang berkelap-kelip di langit ketika malam hari. Dalam astronomi dunia Islam, disebut ada banyak nama bintang dalam Al Qur'an.

Secara astronomi, tidak semua benda langit yang berkelap-kelip di langit malam adalah bintang, sebab planet sesekali juga bisa tampak berkilau di langit malam.

Namun, bagaimana definisi bintang dalam Islam menurut Al Qur'an dan ada berapa banyak bintang yang disebutkan di dalamnya, serta bintang apa saja itu?

Menjawab hal tersebut, Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIF) Gombong dan Majelis Kajian Ilmu Falak (MKF) Kebumen, Jawa Tengah Marufin Sudibyo mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada jumlah dan definisi khusus yang jelas mengenai bintang di dalam Al Qur'an.

"Al Qur'an tidak menyebutkan jumlah bintang secara spesifik. Juga tidak mendeskripsikan nama-namanya (nama bintang)," kata Marufin kepada Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Mengenal Sirius, Satu-satunya Bintang yang Disebut dalam Al Quran

 

Kendati demikian, Marufin menjelaskan, kosa kata bintang secara umum dibagi menjadi dua. Pertama adalah bintang tunggal atau Najm. Kedua adalah kelompok bintang atau jamak yang disebut Buruj.

"Istilah ini harus dibedakan dengan bintang jatuh (syihab) yang adalah meteor dan bintang berujung tajam (najm tsaqib) yang terkait dengan komet," kata dia.

Mengenal bintang dalam Al Qur'an, berikut penyebutan dan penjelasan kosa kata atau nama bintang dalam Al Qur'an:

1. Bintang tunggal (Najm)

Nama bintang disebutkan di dalam Al Qur'an di dalam surah An Najm yang artinya bintang tunggal.

Baca juga: Mengenal Aldebaran Bintang Paling Terang di Konstelasi Taurus

 

Dalam surah ini, ada satu bintang yang disebut secara langsung dan spesifik, serta menjadi satu-satunya bintang yang disebut dalam Al Qur'an. Bintang yang dimaksudkan tersebut adalah bintang Syi'ra.

Dikarenakan nama bintang dalam Al Quran ini adalah satu-satunya yang bintang tunggal. Penyebutan bintang Syi'raa ini terdapat dalam surah An Najm ayat 49.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

Wa annahuu huwa robbusy-syi'roo.

"Dan sesungguhnya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi'raa" (QS. An Najm 53: Ayat 49)".

Berdasarkan tafsir inspirasi yang ditulis oleh Dr Zainal Arifin Zakaria yang bersumber dari Abdullah Yusuf Ali, Dr Aidh al-Qarni, Syekh M Sya'rawi menyebutkan, nama bintang Syi'ra atau bintang Sirius, yang tercantum dalam Al Qur'an adalah bintang yang disembah oleh orang-orang Arab pada masa jahiliah.

Baca juga: 5 Fakta Bintang Regulus di Rasi Leo yang akan Berkonjungsi dengan Bulan Malam Ini

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X