Kompas.com - 21/04/2021, 04:01 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan DelpixartIlustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Setelah tidak makan dan minum sekitar 13 jam, banyak orang kemudian memuaskan diri mengonsumsi berbagai makanan saat berbuka puasa.

Mulai dari minuman manis, gorengan, nasi dan berbagai lauk pauk, hingga makanan penutup yang manis juga.

Tanpa disadari, kebiasaan berbuka puasa seperti ini menyebabkan kenaikan berat badan, karena kalori yang dikonsumsi melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, menurut Sara Abdelghany, ahli Gizi Klinis di Healthbay Clinic Dubai, kenaikan berat badan selama berpuasa di bulan Ramadhan bukan hal mutlak dan bisa dicegah.

Baca juga: Ahli Jelaskan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah dalam 30 Detik

Lebih lanjut, Abdelghany membagikan sepuluh cara mencegah kenaikan berat badan selama Ramadhan:

1. Pastikan Anda mengonsumsi protein dan sayuran dalam porsi yang baik dan karbohidrat kompleks dalam jumlah sedang selama buka puasa dan sahur.

2. Hindari makanan yang digoreng sebisa mungkin. Sebagai gantinya, pilih makanan yang dipanggang atau direbus untuk membatasi jumlah minyak yang dikonsumsi.

3. Hindari menambah kalori melalui minuman, seperti jus, es buah dengan sirup manis, atau kolak.

4. Hindari terlalu banyak makan kurma, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Meski sehat, makanan-makanan ini tetap tinggi kalori. Untuk berbuka, Anda cukup makan tuga buah kurma.

5. Hindari memiliki terlalu banyak pilihan dan variasi makanan di meja makan saat buka puasa atau sahur. Ini kemungkinan akan mendorong Anda untuk makan lebih banyak.

6. Hindari memaksa diri untuk makan berlebihan. Selalu dengarkan tubuh Anda dan berhentilah makan saat Anda merasa kenyang, bukan kekenyangan. Fokus pada berat badan Anda, sehingga Anda tak tergoda mencicipi semua makanan yang tersedia.

7. Pastikan bahwa setidaknya 70 persen camilan yang Anda makan sehat. Manjakan diri dengan makanan penutup, tetapi batasi jumlah makanan manis yang Anda makan.

8. Pastikan untuk makan makanan yang tepat saat Anda lapar dan hindari makan permen atau kue kering yang tinggi gula.

Baca juga: Apakah Puasa Ramadhan Bisa Menurunkan Berat Badan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X