Kompas.com - 20/04/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi kanker serviks. Ilustrasi kanker serviks.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.comKanker serviks merupakan kanker yang berkembang di leher rahim. Leher rahim ini adalah penghubung antara vagina dengan bagian atas rahim.

Ketika kanker serviks berkembang, ia akan memengaruhi jaringan-jaringan lain, seperti vagina, rektum, kandung kemih, hati, dan paru-paru.

Berdasarkan data yang dicatat oleh WHO, pada tahun 2018, diperkirakan 570.000 wanita di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker serviks.

Sementara itu, pada tahun 2018, angka kematian wanita di seluruh dunia akibat kanker serviks diperkirakan mencapai 311.000.

Meski demikian, kanker serviks dapat disembuhkan, selama terdeteksi sejak dini dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Kanker Serviks Kini Bisa Menyerang Kaum Milenial

Penyebab kanker serviks

Dilansir dari CDC, 12 Januari 2021, infeksi jangka panjang human papillomavirus (HPV) tertentu merupakan penyebab utama kanker serviks.

HPV merupakan virus umum yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan intim.

Terdapat beberapa jenis HV yang di antaranya dapat menyebabkan kanker serviks, sementara jenis lainnya menyebabkan kutil kelamin.

Biasanya, HPV tidak menimbulkan gejala sehingga tidak dapat didiagnosis secara pasti. Jika tidak hilang dengan sendirinya, infeksi HPV akan berlangsung terus-menerus dan dapat menyebabkan kanker serviks.

Di samping itu, terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan faktor risiko kanker serviks, yakni:

Baca juga: Pil KB Tingkatkan Risiko Kanker Serviks pada Wanita

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD,CDC,WHO
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.