Kompas.com - 20/04/2021, 06:02 WIB
Ilustrasi memakai masker dobel, masker ganda untuk cegah Covid-19 SHUTTERSTOCK/Bekker24Ilustrasi memakai masker dobel, masker ganda untuk cegah Covid-19

KOMPAS.com - Tok, studi terbaru menegaskan bahwa penggunaan masker dobel lebih efektif cegah Covid-19.

Ini adalah salah satu berita populer Sains edisi Senin (19/4/2021) hingga Selasa (20/4/2021).

Selain itu, penelitian terbaru mengungkap kebanyakan orang sulit menurunkan berat badan jangka panjang. Apa penyebabnya?

Hingga pembahasan artis Jeff Smith yang mengaku memakai ganja karena tidak bisa tidur. Menurut ahli, karena sifatnya yang depresan, ganja memang membuat ngantuk.

Baca juga: [POPULER SAINS] Konten TikTok Pembukaan Persalinan Dikecam | Cat Terputih di Dunia untuk Perangi Pemanasan Global

Berikut ulasan berita populer Sains:

1. Masker dobel lebih efektif cegah Covid-19

Para peneliti di Fakultas Kedokteran University of North Carolina, Amerika Serikat, baru-baru ini mempublikasikan studi tentang manfaat penggunaan masker dobel atau masker ganda yang dinilai efektif cegah Covid-19.

Menurut penulis utama studi Emily Sickbert-Bennett, itu karena perlindungan ekstra yang diberikan masker dobel tidak hanya tentang menambah lapisan kain, tetapi juga menghilangkan celah atau area masker yang tidak pas.

Studi ini telah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine, pada Jumat (16/4/2021) lalu.

"Kami telah menemukan bahwa jika salah satu masker dipasang longgar tidak akan memberi manfaat filtrasi, tapi dua masker akan pas dan bisa (memfiltrasi)," jelas profesor penyakit menular di sekolah kedokteran ini, seperti dikutip dari CNN, Senin (19/4/2021).

"Masker dobel terbaik adalah saat Anda dan orang yang berinteraksi dengan Anda masing-masing mengenakan masker yang sangat pas (tidak longgar)," jelas Sickbert-Bennett.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X