Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Penyakit Anemia dengan 5 Makanan Sehat dan Lezat

Kompas.com - 19/04/2021, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.comSel darah merah dibutuhkan tubuh untuk mengangkut hemoglobin, yakni protein kompleks yang menempel pada molekul besi.

Molekul-molekul tersebut membawa oksigen dari paru-paru dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Dengan demikian, sel darah merah berperan sangat penting untuk manusia bertahan hidup.

Ketika sel darah merah rendah, tubuh akan mengalami anemia. Rendahnya sel darah merah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Kehilangan darah, penghancuran sel darah merah, dan kondisi kesehatan tertentu yang memengaruhi produksi sel darah merah adalah beberapa penyebab anemia.

Dilansir dari Medical News Today, 26 Maret 2020, jenis anemia yang paling umum terjadi adalah anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah.

Baca juga: Selain Anemia: Ketahui Penyebab dan Cara Cegah Kekurangan Zat Besi pada Anak

Kehilangan darah ini bisa berlangsung cepat dan kronis. Beberapa kondisi yang memungkinkan kehilangan darah dengan cepat adalah pembedahan dan persalinan.

Anemia harus segera diatasi agar tidak menimbulkan kondisi yang semakin buruk. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui gejala dan cara mencegah anemia.

Gejala anemia

Gejala anemia yang paling umum terjadi adalah kelelahan, sebagaimana dilansir dari Medical News Today.

Selain itu, gejala anemia yang juga umum terjadi adalah detak jantung lebih cepat, sesak napas, kulit pucat, nyeri di bagian dada, pusing, dan sakit kepala.

Terdapat jenis-jenis anemia yang memunculkan gejala yang lebih spesifik, seperti anemia aplastik yang ditandai dengan demam, ruam, dan sering infeksi.

Baca juga: 1 dari 3 Anak Indonesia Anemia, Kebanyakan karena Kekurangan Zat Besi

Kemudian, anemia defisiensi asam folat dengan gejala diare, lidah licin, dan iritabilitas. Anemia hemolitik dengan gejala penyakit kuning, urin gelap, demam, dan sakit perut.

Terakhir, anemia sel sabit yang ditandai dengan gejala pembengkakan di kaki dan tangan, kelelahan, serta penyakit kuning.

Cara mencegah penyakit anemia

Upaya mencegah penyakit anemia kerap mencakup perubahan gaya hidup, yakni dengan mengatur pola makan.

Adapun jenis makanan terbaik untuk mencegah anemia adalah makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin lain yang mendukung produksi hemoglobin dan sel darah merah.

Dilansir dari Healthline, 26 Juni 2020, berikut adalah pilihan makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit anemia.

Baca juga: Ahli Temukan Terapi Efektif untuk Lawan Anemia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com