Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Hungaria Kembangkan Rover Pelacak Air di Bulan

Kompas.com - 17/02/2021, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber NASA,Reuters


KOMPAS.com- Misi eksplorasi ke Bulan kian menarik banyak ilmuwan dunia. Termasuk upaya para ilmuwan untuk mencari keberadaan air di Bulan.

Seolah ingin turut meramaikan misi penjelajahan ke Bulan, ilmuwan Hungaria mulai mempersiapkan diri untuk turut serta dalam misi luar angkasa tersebut.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (17/2/2021), ilmuwan Hungaria mengatakan bahwa saat ini, miniatur rover sedang dikembangkan.

Rencananya, miniatur penjelajah tersebut akan digunakan untuk melakukan misi eksplorasi permukaan Bulan dan akan bergabung dalam misi pencarian air di Bulan.

Baca juga: Ada Bukti Air Lagi di Bulan, NASA Bisa Bangun Pangkalan Bulan

 

Miniatur rover tersebut dikembangkan para ilmuwan dengan perangkat yang beratnya kurang dari sekantong gula dan dinamai dengan jenis anjing Hungaria Puli.

Puli rover adalah platform berbiaya rendah yang dirancang untuk membawa muatan yang berbeda, termasuk misi pelacakan air di Bulan.

Perangkat tersebut telah memenangi tantangan bertajuk Honey, I Shrunk the NASA Payload pada tahun 2020 lalu, yakni sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA).

Baca juga: Eksplorasi Luar Angkasa Pertama, Turki akan Capai Bulan pada 2023

 

Berat perangkat rover ini kurang dari 400 gram. Dikembangkan untuk menyelidiki es air di Bulan dengan mengidentifikasi dan memetakan kandungan hidrogen di bawah permukaan tanah Bulan.

"Alat ini mencari radiasi dasar dan selanjutnya radiasi dasar yang menginduksi radiasi sekunder yang keluar dari Bulan," kata Matyas Hazadi, kepala teknik di Puli Space Technologies Ltd yang berbasis di Budapest, Hungaria yang mengembangkan perangkat penjelajah tersebut.

Hazadi menambahkan perangkat ini akan membandingkan energi berbeda dari spektrum radiasi dasar untuk menemukan air di satelit Bumi itu.

Pada tahun lalu, para ilmuwan dalam misi Stratospheric Observatory for Infrared Astronomy (SOFIA) NASA mengonfirmasi keberadaan air di Bulan untuk pertama kalinya.

Baca juga: Sampel Bulan yang Diambil China Beratnya Kurang dari Target

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com