5 Kesalahan Saat Makan Siang yang Bisa Gagalkan Penurunan Berat Badan

Kompas.com - 23/01/2021, 13:05 WIB
Makan sambil bekerja akan membuat otak tidak fokus untuk mendeteksi rasa kenyang. Akhirnya, rasa kenyang tak kunjung datang. Camilan seperti donat pun dimakan karena belum kenyang. THINKSTOCKPHOTOSMakan sambil bekerja akan membuat otak tidak fokus untuk mendeteksi rasa kenyang. Akhirnya, rasa kenyang tak kunjung datang. Camilan seperti donat pun dimakan karena belum kenyang.

KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ada yang menunda makan pagi, ada juga yang menghindari makan di atas jam tujuh malam, meski keduanya tak terbukti efektif menurunkan berat badan.

Begitu pun ketika bicara tentang makan siang, ada banyak kesalahan yang sering dilakukan yang dapat memperlambat keberhasilan menurunkan berat badan, atau malah menghambatnya sama sekali.

Melansir Live Strong, berikut lima kesalahan umum yang sering dilakukan saat makan yang dapat mengganggu usaha menurunkan berat badan.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan

Kesalahan 1: Melewatkan Makan Siang

Tidak makan siang karena Anda terlalu sibuk di tempat kerja atau karena Anda sedang mencoba menurunkan berat badan mungkin lebih banyak bahayanya ketimbang manfaatnya. Pasalnya, ketika kita memberi jarak yang terlalu panjang di antara waktu makan, kadar gula darah tubuh akan turun.

Otak kita kehabisan gula, sehingga bisa menyebabkan sakit kepala, sulit fokus, hingga bisa membuat Anda mudah tersinggung.

Ditambah lagi, Anda akan merasa sangat lapar, sehingga lebih sulit mengontrol asupan saat makan malam.

Menurut Piedmont Healthcare, melewatkan makan seperti makan siang juga dapat meningkatkan keinginan Anda untuk makanan yang tidak sehat.

Mulailah untuk menghormati rasa lapar Anda, jangan mengabaikannya. Jika Anda sering melewatkan makan siang karena jadwal kerja yang padat, bawalah bekal untuk makan siang.

Jika Anda selalu melewatkan makan siang demi menurunkan berat badan, cobalah untuk kembali menikmati makan siang dan lihat bagaimana perasaan Anda saat makan malam.

Kemungkinan Anda akan lebih mudah menyeimbangkan asupan kalori sepanjang hari.

Kesalahan 2: Makan Siang Sambil Bekerja

Meski Anda bisa membawa bekal dan memakannya di tengah kesibukan, ada baiknya hindari makan tergesa-gesa sambil membalas email atau menyelesaikan pekerjaan lain.

Anda mungkin merasa lebih produktif menjalankan cara ini, tapi melakukan banyak tugas sambil makan dapat menghambat upaya penurunan berat badan Anda.

Sebuah studi di Physiology & Behavior, Mei 2019, menemukan bahwa ketika kita mengerjakan hal lain saat makan, kita justru akan makan lebih banyak.

Temuan menunjukkan, bahwa kita cenderung makan 15 persen lebih banyak kalori saat kita membaca, bekerja, atau menggulir ponsel sambil makan.

Agar rencana menurunkan berat badan tak gagal, ketika Anda siap untuk makan, duduklah tanpa gangguan dan fokus pada makanan lezat yang Anda berikan untuk tubuh Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih menikmati makanan dan pada akhirnya makan lebih sedikit.

Baca juga: Kenapa Berat Badan Kembali Naik Setelah Diet?

Halaman:


Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X