Kompas.com - 01/11/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi kolesterol SHUTTERSTOCKIlustrasi kolesterol

KOMPAS.com - Kolesterol diproduksi di hati dan memiliki banyak fungsi penting pada tubuh, di antaranya membantu menjaga dinding sel tetap fleksibel dan dibutuhkan untuk memproduksi beberapa hormon.

Meski banyak fungsinya, kadar kolesterol tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Seperti lemak, kolesterol tidak larut dalam air. Sebaliknya, pengangkutannya ke dalam tubuh bergantung pada molekul yang disebut lipoprotein, yang membawa kolesterol, lemak, dan vitamin yang larut dalam lemak di dalam darah.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit karena Kolesterol Tinggi, Ini Tanda-tandanya

Mengonsumsi obat bisa membantu mengontrol kadar kolesterol, tapi akan lebih baik jika Anda bisa menurunkan kolesterol secara alami.

Menurut Ahli jantung Leslie Cho, MD dari Cleveland Clinic, berikut ini cara alami yang bisa dilakukan dan terbukti bisa menurunkan kolesterol:

1. Ubah pola makan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Cleveland Health, cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah mulai dengan mengganti lemak tidak sehat (jenuh) dengan lemak sehat (tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda).

“Ini berarti Anda harus menjadi pembaca label makanan,” kata Dr. Cho.

“Penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. Seharusnya tidak lebih dari 2 gram lemak per porsi dan itu harus mencakup kurang dari 7% dari asupan kalori harian Anda. "

Lemak jenuh paling sering ditemukan dalam minyak sawit dan minyak kelapa, selain itu juga pada produk hewani seperti daging sapi, babi, kulit ayam, hot dog, dan keju.

Selain itu penting juga untuk mendeteksi lemak trans atau lemak jenuh pada kemasan makanan.

Terkadang lemak trans tercantum pada label makanan sebagai "minyak nabati terhidrogenasi parsial", sering digunakan dalam margarin, kerupuk, dan kue yang dibeli di toko. Lemak trans ini meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

2. Perbanyak konsumsi serat

“Idealnya, Anda harus mengonsumsi 25 hingga 35 gram serat sehari,” kata Dr. Cho. "Serat mengikat kolesterol dan menghilangkannya dari tubuh."

Untuk meningkatkan asupan serat, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak biji-bijian, polong-polongan seperti kacang-kacangan dan lentil, sayuran dan buah-buahan.

Selain untuk menurunkan kolesterol, serat juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit, mencegah sembelit, dan membantu membuat kenyang lebih lama.

Baca juga: Mau Kurangi Kolesterol? Ini 11 Makanan yang Baik untuk Anda Menurut Sains

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X