Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Kacamata Berembun Saat Pakai Masker, Terbukti Ilmiah

Kompas.com - 31/10/2020, 18:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Keharusan untuk memakai masker selama pandemi Covid-19 memberikan tantangan tambahan bagi para pemakai kacamata, yaitu lensa yang berembun.

Rupanya, ada cara sederhana yang telah terbukti secara ilmiah untuk mencegah hal ini terjadi.

Dilansir dari IFLScience, trik ini dipaparkan oleh dua dokter bedah dalam laporan mereka yang dipublikasikan di Annals of the Royal College of Surgeons of England pada 2011.

Laporan tersebut membahas bagaimana para dokter dapat mencegah kacamata mereka berembun saat memakai masker dan melakukan tindakan bedah hanya dengan sabun dan air.

Baca juga: Apakah Memakai Kacamata Bisa Menurunkan Risiko Covid-19?

Mereka menulis, tepat sebelum memakai masker, cuci kacamata dengan air bersabun dan kebaskan kelebihannya. Biarkan kacamata kering dengan sendirinya atau gunakan tisu untuk mengeringkan sebelum memakainya kembali.

"Sekarang lensa kacamata tidak akan berembun ketika dipakai," tulis Sheraz Shafi Malik dan Shahbaz Shafi Malik.

Trik ini bekerja karena embun pada kacamata terbentuk akibat uap air panas dari napas mengkondensasi di permukaan lensa yang lebih dingin.

Nah, ketika lensa dibasahi dengan air sabun, maka lensa jadi terlapisi dengan surfaktan atau zat yang mengurangi tensi air pada permukaan. Alhasil, uap air tidak bisa berkondensasi dan membentuk tetesan besar di lensa.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Sebelum Ada Kacamata, Biksu Gunakan Batu Kaca

Tim peneliti menulis bahwa semua jenis sabun bisa digunakan untuk trik ini, tetapi yang paling efektif adalah sabun cuci piring.

Jika tidak ingin memakai sabun, Anda juga bisa membeli semprotan anti embun yang biasa digunakan oleh perenang atau penyelam untuk mencegah kacamata renang berembun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com