Saksikan Oposisi Uranus-Bumi-Matahari dan Bulan Purnama Biru Mikro Malam Ini

Kompas.com - 31/10/2020, 16:35 WIB
Ilustrasi oposisi mars, Bumi, Bulan dan Mars berada pada posisi sejajar. SHUTTERSTOCK/Jose L. StephensIlustrasi oposisi mars, Bumi, Bulan dan Mars berada pada posisi sejajar.


KOMPAS.com- Sembari menemani akhir pekan di penghujung bulan Oktober 2020 ini, jika cuaca mendukung Anda dapat mengamati dua fenomena langit yang akan hadir malam nanti.

Kedua fenomena tersebut adalah Oposisi Uranus, Bumi dan Matahari, serta fenomena bulan purnama biru mikro. Berikut penjelasan lebih rincinya.

1. Oposisi Uranus, Bumi dan Matahari

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) fenomena ini akan terjadi malam nanti (31/10/2020), di mana puncaknya oposisi Uranus terjadi pada pukul 23.03 WIB.

Baca juga: Terkuak, Pluto Ternyata Punya Kemiripan dengan 5 Bulan Terbesar Uranus

 

Untuk diketahui, oposisi Uranus adalah ketika Uranus, Bumi dan Matahari berada pada satu garis lurus.

Oposisi pada Uranus sama seperti fase oposisi atau purnama pada Bulan, sehingga Uranus dapat terlihat paling terang jika diamati dari Bumi.

Pada puncaknya malam nanti, kecerahan Uranus akan hadir dengan magnitudo visual sebesar +5,7.

Dengan magnitudo tersebut, maka tidak memungkinkan Anda mengamati oposisi ini terjadi tanpa bantuan alat optik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X