Jangan Lewatkan, Malam Ini Puncak Hujan Meteor Orionids

Kompas.com - 20/10/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi fenomena hujan meteor SHUTTERSTOCK/BELISHIlustrasi fenomena hujan meteor


KOMPAS.com- Bagi Anda yang seringkali susah tidur, malam ini bisa sembari menikmati hujan meteor Orionids.

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) hujan meteor Orionids yang sudah aktif sejak 2-7 Oktober lalu, akan mencapai puncaknya pada 21 Oktober, dini hari nanti.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan, Emanuel Sungging mengatakan bahwa hujan meteor itu sebenarnya terjadi sepanjang tahun.

Baca juga: Hari Ini, Ada Asteroid Lewati Bumi dan Hujan Meteor Draconid Hiasi Langit Indonesia

 

Hujan meteor bisa terjadi karena dalam revolusi mengitari Mahatari, Bumi senantiasa melewati wilayah yang tidak sepenuhnya hampa.

Penampakan itu terjadi, ketika melewati daerah yang terkontaminasi oleh debu, komet, asteroid, atau debu-debu kosmis lainnya.

Ia menambahkan, hujan meteor ini dinamai Orionids karena berdasarkan titik radian atau titik asal munculnya hujan meteor, yang terletak di konstelasi Orion.

Umumnya, rasi bintang orion berada di sebelah barat di langit.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X