Donald Trump Positif Covid-19 Diberi Dexamethasone, Obat Apa Itu?

Kompas.com - 05/10/2020, 19:03 WIB
Foto yang dirilis Gedung Putih menunjukkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bekerja di ruang konferensi Rumah Sakit Militer Walter Reed di Bethesda, Maryland, Sabtu (3/10/2020), setelah dinyatakan positif Covid-19. THE WHITE HOUSE/JOYCE N BOGHOSIAN via APFoto yang dirilis Gedung Putih menunjukkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bekerja di ruang konferensi Rumah Sakit Militer Walter Reed di Bethesda, Maryland, Sabtu (3/10/2020), setelah dinyatakan positif Covid-19.


KOMPAS.com- Sejak dikabarkan positif Covid-19, kondisi Presiden Amerika Serikat Donald Trump terus dipantau.

Dr Brian Garibaldi, salah satu dokter yang merawat Trump mengungkapkan bahwa dia diberi obat steroid, dexamethasone sebagai bagian dari pengobatan Covid-19, seperti dilansir dari CNN, Senin (5/10/2020).

Pengobatan dengan obat steroid tersebut mengindikasikan bahwa kondisi Trump mengkhawatirkan. Sebab, seperti diketahui, obat ini tidak boleh diberikan kepada pasien dengan kondisi yang tidak parah.

"Kami memutuskan, dalam kasus ini memanfaatkan perawatan ini, meski mungkin lebih besar daripada risikonya saat ini," kata dokter Gedung Putih, Dr Sean Conley.

Baca juga: Positif Covid-19, Donald Trump Diberi Cocktail Antibodi Regeneron, Apa Itu?

 

Sebelumnya, Dexamethasone telah mendapat lampu hijau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan para ahli, untuk digunakan sebagai bagian dari pengobatan Covid-19 yang disebabkan oleh infeksi virus corona baru.

Namun, sangat disarankan obat tersebut hanya boleh dipergunakan pada mereka yang memiliki sakit parah.

Ilustrasi dexamethasone untuk pengobatan Covid-19. Disarankan hanya diberikan pada pasien Covid-19 dengan sakit parah untuk mengurangi peradangan seluruh tubuh akibat infeksi virus corona baru.SHUTTERSTOCK/JOSHIMERBIN Ilustrasi dexamethasone untuk pengobatan Covid-19. Disarankan hanya diberikan pada pasien Covid-19 dengan sakit parah untuk mengurangi peradangan seluruh tubuh akibat infeksi virus corona baru.

Setidaknya, salah satu penelitian terhadap sejumlah besar pasien secara acak telah menunjukkan pasien Covid-19 berangsur membaik setelah diberikan dexamethasone.

Baca juga: Disebut Efektif Obati Covid-19, WHO Minta Produksi Dexamethasone Ditambah

 

Manfaat dexamethasone kurangi peradangan sistemik

Dexamethasone adalah obat kortikosteroid yang murah dan tersedia secara luas yang dapat meredakan peradangan berbahaya.

Menurut National Institutes of Health, pasien Covid-19 yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 dapat mengembangkan respons peradangan sistemik (seluruh tubuh) yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ paru dan disfungsi organ multisistem.

Dalam suatu uji coba, salah satu ahli dari NIH merekomendasikan pemberian dexamethasone kepada pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X