Kompas.com - 23/09/2020, 18:03 WIB
dr. Zainal Adhim, Sp.THT-KL, Ph.D 
Dokter Spesialis THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan), Kepala & Leher
RS Pondok Indah ? Pondok Indah RS Pondok Indahdr. Zainal Adhim, Sp.THT-KL, Ph.D Dokter Spesialis THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan), Kepala & Leher RS Pondok Indah ? Pondok Indah

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com bernama Rahman mengeluhkan masalah amandel yang dialami oleh putrinya. Dia menanyakan hal ini kepada Halo Prof!:

"Assalamualaikum Dokter yang saya hormati,

Pertama-tama saya mohon maaf ingin mengajukan sedikit pertanyaan mengenai masalah amandel anak saya (perempuan berusia 18 tahun). Setelah kemarin anak saya melakukan pemeriksaan rutin untuk keperluan masuk ke pendidikan tentara, ia mendapatkan hasil keadaan amandelnya adalah T3. Anak saya tidak bisa menjadi TNI karena status amandelnya tersebut.

Yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana untuk mengecilkan amandel tersebut? Karena menurut anak saya dan pantauan saya, ia tidak pernah merasakan sakit amandel (tidak menjadi gangguan). Apakah perlu dioperasi? Kalau dioperasi, apakah ada efek sampingnya yang akan dirasakan pada anak saya? Lalu apa yang dimaksud dengan hasil amandel T3?

Untuk kurang lebihnya saya mohon maaf, dan atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalam."

Baca juga: Halo Prof! Makanan Apa yang Mengenyangkan, tetapi Rendah Kalori?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertanyaan ini dijawab langsung oleh dr. Zainal Adhim, Sp.THT-KL, Ph.D, Dokter Spesialis THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan), Kepala & Leher dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Halo Pak Rahman,

Amandel atau istilah kedokterannya adalah tonsil merupakan salah satu organ di rongga mulut yang berfungsi sebagai penyaring kuman masuk ke dalam tubuh. Agar organ penyaring kuman ini berfungsi dengan baik, tentu harus mempunyai bentuk dan permukaan yang baik dan sehat. Salah satu ciri amandel yang sehat adalah mempunyai permukaan yang licin.

Apabila sering terjadi infeksi berulang pada amandel, dapat menyebabkan proses munculnya jaringan parut. Kemudian dapat menghasilkan celah permukaan tempat berkumpulnya sisa makanan yang akhirnya menumpuk kuman. Lama kelamaan terjadilah infeksi.

Tonsil akan mengecil dengan sendirinya seiring perkembangan usia. Permasalahannya adalah apabila ukuran tonsil tetap membesar walaupun usia bertambah. Hal ini akan menggangu jalan napas dan jalan makanan karena menutupi rongga mulut.

Baca juga: Halo Prof! Kenapa Badan Jadi Pegal Selama WFH atau Kerja dari Rumah?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X