Seri Baru Jadi Ortu: Benarkah Cegukan Baik untuk Perkembangan Otak Bayi?

Kompas.com - 23/09/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi bayi cegukan. SHUTTERSTOCKIlustrasi bayi cegukan.

KOMPAS.com - Saat bayi mengalami cegukan mungkin banyak orangtua yang khawatir dan berusaha untuk menghentikannya.

Padahal menurut penelitian, cegukan pada bayi punya manfaat tersendiri, salah satunya adalah untuk perkembangan otak.

Menurut dokter spesialis anak RS Pondok Indah, Dr. dr. Matheus Tatang Puspanjono, Sp.A , M.Klinik Ped, sebenarnya, bayi mulai mengalami cegukan sejak dari dalam rahim.

Matheus menjelaskan, sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Neurophysiology, menunjukkan bahwa cegukan mendukung perkembangan otak pada bayi baru lahir.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Mengapa Anak Demam saat Tumbuh Gigi?

Selain itu menurut penelitian di University College London, cegukan memicu aliran sinyal otak yang dapat membantu bayi belajar mengatur pernapasan.

Penelitian ini menemukan bahwa cegukan menyebabkan kontraksi otot diafragma. Perubahan fisik ini memicu gelombang otak di korteks otak.

Serangkaian cegukan menyebabkan gelombang besar, yang kemudian memungkinkan otak untuk menghubungkan suara dengan kontraksi otot diafragma.

“Aktivitas yang dihasilkan dari cegukan dapat membantu otak bayi untuk belajar bagaimana memonitor otot-otot pernapasan, sehingga pada akhirnya pernapasan dapat dikontrol secara sukarela dengan menggerakkan diafragma ke atas dan ke bawah,” kata Matheus kepasa Kompas Sains.

Penelitian terbaru mendukung temuan sebelumnya, bahwa aktivitas tertentu di dalam rahim dan setelah kelahiran berkontribusi pada perkembangan koneksi otak pada bayi.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kita Cegukan?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X