Halo Prof! Kenapa Badan Jadi Pegal Selama WFH atau Kerja dari Rumah?

Kompas.com - 18/08/2020, 16:05 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat Indonesia harus beraktivitas di rumah saja, termasuk bekerja atau WFH. Namun, rupanya ada efek samping yang timbul dari WFH, yaitu badan terasa pegal-pegal.

Hal ini dialami oleh seorang pembaca Kompas.com bernama Shally Anggraini yang mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

"Mengapa selama pandemi Covid-19 ini saya jadi sering mengalami pegal-pegal, Prof? Padahal aktivitas malah berkurang karena lebih sering WFH dan saya jadi tidak banyak bergerak. Mohon solusinya, Prof. Terima kasih."

Pertanyaan Shally dijawab langsung oleh dr. I Made Tirta Saputra, Dokter Umum dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Baca juga: Ahli: Kelamaan WFH Bisa Picu Serangan Jantung, Kok Bisa?

Halo Ibu Shally, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Ada beberapa faktor yang membuat timbulnya rasa nyeri, pegal, atau tegang pada otot Ibu saat WFH. Misalnya seperti penurunan aktivitas fisik dan peningkatan beban psikologis.

Jika aktivitas fisik berkurang, maka organ-organ tertentu justru cenderung bekerja lebih berat dari keadaan normal, dan ada pula yang menjadi tegang karena tidak banyak digerakkan, contohnya otot.

Selain itu posisi duduk saat bekerja dan letak komputer atau laptop yang kita gunakan juga berperan penting terhadap keluhan pegal-pegal atau nyeri di tubuh.

Beberapa solusi yang dapat Ibu Shally lakukan untuk menghindari atau mengurangi pegal-pegal tersebut, antara lain:

Baca juga: Merasa Lelah saat Kerja dari Rumah? Ini Sebabnya

1. Bekerja menggunakan PC/komputer rumah. Posisi layar monitor pada PC/komputer rumah biasanya akan sejajar dengan mata sehingga membuat postur tubuh duduk dengan tegak. Hal ini juga akan membuat kita lebih nyaman.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.