Kompas.com - 28/07/2020, 20:07 WIB
dr. Ima Nastiti Setyaningsih, Sp.U 
Dokter Spesialis Bedah Urologi
RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya RS Pondok Indahdr. Ima Nastiti Setyaningsih, Sp.U Dokter Spesialis Bedah Urologi RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Gangguan kencing sering kali diremehkan oleh banyak orang. Padahal, bila berlangsung untuk durasi yang lama, gangguan kencing bisa berdampak besar bagi penderitanya.

Hal ini dialami oleh seorang pembaca Kompas.com bernama Muhammad Nur Hidayah. Lewat rubrik Halo Prof! Kompas.com, dia menuturkan keluhannya:

"Assalamualikum, Dok. Saya mau bertanya. Usia saya 21 tahun. Saya sering muncul keluhan dan gejala sebagai berikut:

  • Buang air kecil sering sekali tidak tuntas, seperti masih ada yang tersisa
  • Urin saya terkadang tidak terlalu banyak hanya sedikit dan juga terasa seperti ada yang menekan di bawah perut
  • Urin saya keluar dengan sendirinya, padahal saya tidak ingin buang air kecil

Mohon pencerahannya, Dok. Penyakit apa yang sebenarnya saya alami? Terima kasih."

Baca juga: Halo Prof! Berapa Lama Obat GERD Harus Diminum agar Sembuh Total?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Ima Nastiti Setyaningsih, Sp.U, Dokter Spesialis Bedah Urologi dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo. Walaikumsalam Bapak Muhammad Nur Hidayah. Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan yang Bapak alami dapat menjadi suatu gejala beberapa penyakit, seperti infeksi saluran kemih (ISK), kandung kemih overaktif atau overactive bladder, dan inkontinensia.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke dalam traktus urinarius melalui uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih.

Meskipun sistem berkemih telah didesain untuk menghambat masuknya bakteri, kadang-kadang mekanisme pertahanan tersebut gagal. Hal ini dapat terjadi pada saat kondisi tubuh Bapak sedang tidak fit.

Akibatnya, terjadi infeksi di dalam saluran kemih. Setelah itu dapat muncul keluhan-keluhan, berupa desakan (urgency) untuk kencing, nyeri saat berkemih, sering buang air kecil (BAK), urin keruh, kemerahan, atau berbau dan nyeri panggul.

Baca juga: Halo Prof! Apa Solusi Kerontokan dan Kebotakan bagi Pria Muda?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X