Temui Airlangga Hartarto, IDI Keluhkan Kematian Tenaga Kesehatan karena Covid-19

Kompas.com - 23/09/2020, 17:38 WIB
Pertemuan antara Tim Mitigasi PB IDI dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. IDIPertemuan antara Tim Mitigasi PB IDI dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

KOMPAS.com - Jumlah kasus positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari.

Pada hari ini (23/9/2020), Indonesia mencatatkan penambahan kasus baru sebanyak 4.465 kasus, sehingga totalnya mencapai 257.388 kasus.

Melihat kondisi yang mengkhawatirkan ini, Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengadakan pertemuan dan sepakat dalam protokol kesehatan untuk menekan rantai penyebaran Covid-19.

Pertemuan tersebut diadakan dalam rangka mendengarkan paparan Tim Mitigasi IDI kepada Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Penanganan Ekonomi Nasional (KPEN).

Baca juga: Bertambah 117 Dokter Meninggal, IDI Tegaskan Harus Perketat 3M

Dalam kesempatan tersebut, dr Adib Khumaidi selaku ketua mitigasi PB IDI memaparkan, tugas dan fungsi tim mitigasi dokter dibentuk untuk merespons bertambahnya jumlah tenaga medis yang meninggal.

Pada saat ini, persentase kematian tenaga medis akibat Covid-19 telah melebihi negara-negara lain di Asia dan termasuk 10 besar di dunia.

"Upaya perlindungan dan keselamatan para tenaga medis menjadi fokus utama kami di IDI dalam peperangan melawan Covid-19 ini," kata Adib.

Oleh sebab itu, ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Adib di dalam pertemuan tersebut, seperti berikut:

1. Kematian tenaga medis perlu perhatian serius

Adib menuturkan, tenaga medis dan tenaga kesehatan harus menjadi perhatian perhatian serius bagi pemerintah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X