Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dentuman Misterius Jakarta Bukan yang Pertama, Sudah 5 Kali di Indonesia

Kompas.com - 21/09/2020, 12:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dentuman misterius yang tidak diketahui penyebab dan asalnya kembali terjadi dan meresahkan warga.

Pada Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 19.00 sampai 21.00 WIB, warga yang tinggal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengaku mendengar suara dentuman keras. Kejadian ini lantas berulang pada Senin pagi (21/9/2020) sekitar pukul 05.30. 

Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono telah mengonfirmasi bahwa suara dentuman semalam tidak berasal dari gempa bumi.

Hal itu dinyatakan berdasarkan monitoring aktivitas gempa dari sensor yang terpasang dekat Jakarta yaitu di Citeko, Bogor, Pondok Aren dan Tangerang Selatan, yang tidak menunjukkan adanya catatan aktivitas gempa antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Baca juga: Suara Dentuman Misterius di Jakarta Bukan karena Aktivitas Gempa

"Suara dentuman malam ini (Minggu, 20/9/2020) tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," terang Daryono dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com.

Sebetulnya, dentuman misterius yang terjadi sejak kemarin malam di Jakarta bukan kali pertama di Indonesia. Kompas.com mencatat bahwa ada empat kejadian terpisah, dengan dua di antaranya juga terjadi di Jakarta.

Berikut paparannya:

1. Dentuman misterius di Jakarta, 11 April 2020

Sebelum kemarin malam, ternyata suara dentuman misterius juga sudah pernah terjadi di Jakarta dan sekitarnya pada tahun ini.

Warga Jakarta, Depok, dan Bogor mendengar bunyi dentuman yang terdengar berulang kali sekitar pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB, Sabtu (11/4/2020).

Suara dentuman misterius pada saat itu juga menimbulkan banyak sekali dugaan sumber atau asal dentuman, di antaranya adalah gempa bumi tektonik, peristiwa longsor, skyquake, aktivitas petir dan erupsi Gunung Anak Krakatau.

Namun, Daryono pada saat itu juga menjelaskan dugaan-dugaan di atas tidak memiliki basis data yang sesuai dengan laporan kejadian yang dirasakan oleh warga.

Baca juga: Teka-teki Suara Dentuman Sabtu Dini Hari, dari Mana Sumbernya?

2. Dentuman misterius di Jawa Tengah, 11 Mei 2020

Suara dentuman misterius yang cukup kuat di tahun 2020 juga pernah terjadi di Jawa Tengah, Senin (11/5/2020).

Peristiwa dentuman miserius itu terjadi dini hari tepatnya antara pukul 00.45 WIB hingga 01.15 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com