Suara Dentuman Misterius di Jakarta Bukan karena Aktivitas Gempa

Kompas.com - 21/09/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi suara dentuman misterius Ilustrasi suara dentuman misterius

KOMPAS.com - Minggu (20/9/2020) malam sekitar pukul 19.00 sampai 21.00 WIB, warga yang tinggal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengaku mendengar suara dentuman keras.

Suara apakah itu dan adakah kaitannya dengan gempa?

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Daryono menerangkan bahwa gempa dengan kedalaman sangat dangkal memang dapat menimbulkan suara dentuman.

Namun berdasar data seismik di Jakarta dan sekitarnya, BMKG tidak mencatat aktivitas gempa tektonik.

Baca juga: Viral Suara Dentuman di Jawa Tengah, BMKG Sebut Bukan dari Gempa Bumi

"Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," terang Daryono dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com.

Pantauan aktivitas gempa di sekitar Jakarta Minggu (20/9/2020) malam oleh BMKG.BMKG/Daryono Pantauan aktivitas gempa di sekitar Jakarta Minggu (20/9/2020) malam oleh BMKG.

Ini artinya, bukan gempa yang mengakibatkan suara dentuman tersebut.

Alih-alih aktivitas gempa, hasil monitoring petir BMKG dengan menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak, Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

"Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ucapnya.

Pantauan aktivitas petir di sekitar Gunung Salak, Bogor, Minggu (20/9/2020) malam. BMKG menduga, suara dentuman misterius berasal dari aktivitas ini.BMKG/Daryono Pantauan aktivitas petir di sekitar Gunung Salak, Bogor, Minggu (20/9/2020) malam. BMKG menduga, suara dentuman misterius berasal dari aktivitas ini.

Dalam keterangan tertulisnya, Daryono tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

Dia berkata, dugaan tersebut berdasar data hasil monitoring peralatan BMKG yang menunjukkan beberapa aktivitas petir dalam rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga.

Baca juga: Viral Suara Dentuman di Bandung, BMKG Sebut Masih Misteri

Dilaporkan Kompas.com sebelumnya, dentuman tersebut menyebabkan benda di sekitar mereka bergetar.

Surti (52), warga Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengatakan, dentuman terdengar dua kali dengan jeda waktu yang tidak terlalu lama.

"Kedengaran dua kali suaranya, kencang banget pas saya lagi menonton TV di rumah," ujar Surti.

Menurut Surti, dentuman tersebut terdengar asing karena suaranya tidak seperti suara gemuruh atau petir saat hujan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X