NASA Tawarkan Ratusan Juta Rupiah untuk Menambang Bulan, Berminat?

Kompas.com - 11/09/2020, 13:02 WIB
Penampakan permukaan Bulan, satelit Bumi yang diabadikan wahana antariksa NASA, Galileo melalui pencitraan Galileo Solid State. NASA/JPLPenampakan permukaan Bulan, satelit Bumi yang diabadikan wahana antariksa NASA, Galileo melalui pencitraan Galileo Solid State.

KOMPAS.com - Badan antariksa AS ( NASA) berencana menambang bulan. Saat ini badan antariksa tersebut tengah mencari perusahaan yang bersedia mewujudkannya.

Kemarin Kamis (10/9/2020), NASA mengumumkan sedang mencari perusahaan yang bisa mengumpulkan segala material seperti tanah dan batuan bulan, kemudian menjualnya ke NASA.

NASA menyebut, ini merupakan bagian dari program pengembangan teknologi yang pada akhirnya membantu astronot dapat bertahan hidup di daratan bulan.

Dalam sebuah twit, Administrator NASA Jim Bridenstine menulis bahwa pihaknya siap membeli tanah bulan dari penyedia komersial.

Baca juga: Video NASA Uji Mesin untuk Misi Ruang Angkasa ke Bulan

"Saatnya menetapkan peraturan untuk mengekstraksi dan memperdagangkan sumber daya ruang angkasa," tulis Bridenstine dalam twitnya.

Pengumuman tersebut merupakan salah satu langkah dalam proyek Artemis NASA dalam rangka menyiapkan tempat permanen di bulan dan selanjutnya Mars.

Dalam sebuah unggahan blog, Bridenstine mengatakan bahwa upaya tersebut sepenuhnya mematuhi Perjanjian Luar Angkasa tahun 1967 yang mengatakan bahwa tidak ada negara manapun yang dapat mengklaim kedaulatan atas bulan atau benda langit lainnya.

Dia menyampaikan, nantinya sains terkait kekayaan benda langit pasti akan dibagikan ke publik.

"Saat mempertimbangkan proposal semacam itu, kami akan transparan terhadap semua tindakan yang diambil," tulis Bridenstine.

"Kami menerapkan kebijakan untuk mendorong era baru eksplorasi dan penemuan yang menguntungkan semua umat manusia."

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X