Nasa Temukan "Bayi Kosmik" Bintang Neutron Termuda, Apa Itu?

Kompas.com - 19/06/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi bintang neutron paling misterius dan langka yang memancarkan gelombang radio aneh. Ilustrasi bintang neutron paling misterius dan langka yang memancarkan gelombang radio aneh.

KOMPAS.com - Di antara triliunan bintang di alam semesta, Badan Antariksa Amerika ( NASA) kembali menemukan bintang neutron baru.

Kali ini, bintang neutron termuda yang pernah ditemukan yang dijuluki "bayi kosmik".

Melansir The Independent, Jumat (19/6/2020), bintang neutron termuda ini disebut Swift J1818.0-1607.

NASA mengatakan sebagian besar bintang neutron berusia miliaran tahun, namun bayi kosmik ini diperkirakan berusia 240 tahun.

Baca juga: Bintang Neutron Termasif Ditemukan, 2 Kali Lipat Ukuran Matahari

Bintang-bintang neutron adalah kelompok materi yang padat yang merupakan sisa bintang yang meledak atau mengalami supernova.

Sedangkan bintang terbaru merupakan jenis objek tertentu yang dikenal dengan magnetar, dan itu adalah yang termuda yang pernah terlihat para astronom.

Bintang neutron mengandung materi yang sangat padat, sehingga NASA mengupamakannya seperti satu sendok teh bahan tersebut akan berbobot empat miliar ton di bawah gravitasi bumi.

Bintang-bintang yang beraneka ragam dan kaya ini adalah kelompok globular yang sangat besar, kumpulan bintang yang terikat gravitasi yang mengorbit di galaksi Bima Sakti. Bintang-bintang yang beraneka ragam dan kaya ini adalah kelompok globular yang sangat besar, kumpulan bintang yang terikat gravitasi yang mengorbit di galaksi Bima Sakti.