Astronom Temukan Bintang Tertua, Usianya Hampir Sama dengan Jagat Raya

Kompas.com - 18/05/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi awal keberadaan bintang di jagat raya Wise, Abel, Kaehler (KIPAC/SLACIlustrasi awal keberadaan bintang di jagat raya

KOMPAS.comBintang purba kembali ditemukan di Tata Surya. Namun, kali ini astronom menemukan bintang yang tidak biasa. Penemuan ini telah dimuat dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Bintang bernama SMSSJ160540.18-144323.1 itu disebut-sebut sebagai bintang tertua yang pernah ditemukan. Bintang tersebut memiliki jarak 35.000 tahun cahaya.

Para astronom memprediksikan usia bintang ini hampir sama dengan jagat raya itu sendiri. Hal itu diketahui lewat level besi yang paling rendah dibanding bintang-bintang lainnya di galaksi.

Baca juga: Komet SWAN dan Bintang Berekor Dalam Khazanah Ilmu Falak

Bintang tersebut diprediksi berasal dari generasi kedua setelah jagat raya muncul sekitar 13,8 miliar tahun lalu.

“Ini adalah bintang yang sangat pucat (karena kurangnya besi), yang terjadi hanya beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang. Level zat besinya 1,5 juta kali lebih rendah dibanding Matahari,” tutur astronom Thomas Nordlander dari ARC Centre of Excellence dari Australian National University.

Mengutip Science Alert, Senin (18/5/2020), minimnya level besi diketahui menjadi penanda usia bintang tersebut karena pada awal jagat raya terbentuk, tidak ada elemen tersebut sama sekali.