Kompas.com - 01/06/2020, 13:03 WIB
Biota laut Kepulauan Seribu. WSDCBiota laut Kepulauan Seribu.

KOMPAS.com – Perubahan iklim dan pemanasan global memaksa banyak hewan di Bumi untuk mencari wilayah dengan suhu yang lebih dingin.

Berhubung pemanasan global juga mempengaruhi suhu lautan, penelitian membuktikan banyak biota laut yang bermigrasi ke wilayah kutub untuk menghindari suhu yang memanas.

Jumlah biota laut yang berpindah ke kawasan kutub bahkan enam kali lebih banyak dibanding mahluk hidup di daratan.

Baca juga: Pemanasan Global, Ini Cara Ilmuwan Bikin Terumbu Karang Tahan Panas

Untuk memetakan banyaknya biota laut yang menginvasi kawasan kutub, para peneliti membandingkan 258 studi berbeda mengenai perpindahan mahluk hidup lautan.

Para peneliti membandingkan lebih dari 30.000 perpindahan habitat dari 12.000 spesies bakteri, jamur, tumbuhan, dan hewan. Perbandingan tersebut menghasilkan database bernama BioShifts.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.

“Hewan di daratan bergerak lebih lambat ke arah Kutub dibandingkan hewan di laut,” tutur peneliti seperti dikutip dari Science Alert, Senin (1/6/2020).