Kisah Pencarian Kadal Paling Langka di Sekitar Kaldera Danau Toba

Kompas.com - 27/05/2020, 16:00 WIB
Kadal berhidung tanduk, Harpesaurus modiglianii Vinciguerra, adalah kadal paling langka di dunia. Setelah 129 tahun menghilang, kadal ini ditemukan lagi di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Herpitolog Chairunas A. PutraKadal berhidung tanduk, Harpesaurus modiglianii Vinciguerra, adalah kadal paling langka di dunia. Setelah 129 tahun menghilang, kadal ini ditemukan lagi di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

KOMPAS.com - Selama 127 tahun menghilang, kadal terlangka di dunia ditemukan lagi oleh sekelompok peneliti di Sumatera Utara.

Ini adalah kadal yang dideskripsikan para ilmuwan dengan nama " kadal berhidung tanduk (nose-horned lizard)" atau Harpesaurus modiglianii Vinciguerra.

Menurut catatan modern, spesimen tunggal kadal berhidung aneh ini ditemukan pertama kali di Sumatera Utara pada 1891, lalu dideskripsikan oleh ilmuwan pada 1933.

Pada 2018, sekelompok peneliti gabungan Indonesia dan internasional melakukan penelusuran ke Danau Toba dan sekitar kaldera. Di sanalah, mereka menemukan kadal H. modiglianii.

Dengan kata lain, itu adalah kali kedua H. modiglianii ditemukan oleh peneliti. Bahkan, mereka berhasil menyusun deskripsi spesies ini dengan lebih detail.