Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Inggris, Anjing Dilatih untuk Indentifikasi Pasien Positif Corona

Kompas.com - 20/04/2020, 13:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Beberapa institusi di Inggris mengembangkan pelatihan terhadap anjing untuk mengendus virus corona yang menginfeksi manusia.

Pelatihan ini dilakukan oleh London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM), Durham University, dan Medical Detection Dogs Organisation.

LSHTM mempublikasikan proyek eksperimental ini pada Maret lalu. Mereka ingin mengetahui apakah anjing bisa mendeteksi penyakit Covid-19 layaknya kemampuan hewan tersebut mendeteksi penyakit lainnya.

Baca juga: Tak Cuma Penciuman Super, Hidung Anjing Juga Bisa Deteksi Panas

Mengutip Science Alert, Senin (20/4/2020), mereka berencana untuk melatih enam ekor anjing apabila eksperimen tersebut berhasil.

Pelatihan untuk anjing

Pelatihan tersebut mencakup pemberian masker milik pasien Covid-19 kepada para anjing. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat aroma khas pada penyakit Covid-19.

Butuh beberapa minggu eksperimen sebelum diketahui apakah anjing bisa benar-benar mengendus penyakit tersebut.

“Kami belum mengetahui apakah Covid-19 memiliki aroma khusus. Namun yang kami ketahui, penyakit saluran pernapasan yang lain memang mengubah aroma tubuh jadi kemungkinan besar akan begitu,” tutur James Logan, Head of Department of Disease Control di LSHTM.

Baca juga: Bisakah Virus Corona Pada Anjing atau Kucing Menular ke Manusia?

Jika Covid-19 memang memiliki aroma khas, anjing akan mampu medeteksinya.

“Cara deteksi seperti ini akan menjadi percepatan baru untuk pencegahan virus corona yang lebih lanjut,” tambah Logan.

Ketika jumlah alat tes Covid-19 terbatas dan tenaga kesehatan kurang dari seharusnya, lanjut Logan, anjing bisa jadi sarana deteksi yang baik.

“Anjing bisa mengendus sampai 750 orang dalam satu jam. Dengan identifikasi siapa saja yang harus dites dan isolasi, para anjing ini bisa menghentikan penyebaran virus corona,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com