Megafauna Hiu Terancam Punah Ancam Ekosistem Laut, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 20/04/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi hiu putih besar (Carcharodon carcharias) Ilustrasi hiu putih besar (Carcharodon carcharias)


KOMPAS.com - Great white sharks atau hiu putih dan hiu paus adalah dua spesies yang berisiko punah pada abad berikutnya. Kepunahan megafauna laut ini dapat menjadi ancaman serius terhadap ekosistem laut.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Science Advances, para peneliti menganalisis megafauna laut dan potensi kepunahan yang dapat terjadi.

Hasilnya, para peneliti menemukan, spesies fauna raksasa ini terkena dampak paling besar terhadap potensi kepunahan.

Melansir Newsweek, Senin (20/4/2020), potensi punahnya megafauna laut ini adalah kerugian besar dalam hal kekayaan fungsional.

Baca juga: Sakit atau Lapar, Kisah Pengalaman Diserang Hiu Putih Saat Memancing

Catalina Pimiento dan John Griffin, dari Universitas Swansea, Inggris, mengatakan kekayaan fungsional adalah sejauh mana peran ekologis dalam suatu komunitas.

Pimiento penulis utama studi ini mengatakan kepunahan speseis laut besar ini akan berdampak pada peran ekologis dalam ekosistem laut.

"Krisis kepunahan menantang para ilmuwan untuk mengukur keanekaragaman hayati dengan lebih baik," imbuh Pimiento.

Di lautan, hewan terbesar dianggap memainkan peran ekologis yang sangat penting, dan juga menghadapi tingginya ancaman dari aktivitas manusia seperti perikanan dan perubahan iklim.

Baca juga: Studi Ungkap Hiu Paus Mampu Hidup Lebih dari 50 Tahun

Dampak kepunahan megafauna hiu

Tim peneliti sedang mencari cara untuk mengatasi hal dengan menacari tahu skenario yang tepat untuk menghadapi potensi kepunahan hewan laut tersebut.

Mereka menjalankan dua skenario kepunahan yang berbeda. Peneliti melihat probabilitas kepunahan berdasarkan status International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Halaman:

Sumber Newsweek
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X