Makan Daging Kelelawar, Anjing Liar Berpotensi Picu Pandemi Corona

Kompas.com - 19/04/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi anjing sebagai hewan peliharaan. PIXABAY/LENKA NOVOTNAIlustrasi anjing sebagai hewan peliharaan.


KOMPAS.com - Wabah virus corona telah memberi kekhawatiran bagi para pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing.

Sejumlah peneliti mengatakan anjing-anjing liar yang memakan daging kelelawar dapat saja memicu pandemi virus corona.

Kendati demikian, beberapa penelitian telah menolak temuan tersebut dan mengatakan kepada para pemilik hewan peliharan untuk tidak mengkhawatirkan hal itu.

Menurut sebuah penelitian, anjing liar yang memakan daging kelelawar dapat menularkan virus corona, Covid-19, ke manusia.

Baca juga: Lawan Covid-19, Anjing di Inggris Akan Dilatih Mengendus Virus Corona

Melansir The Independent, Minggu (19/4/2020), penyakit Covid-19 yang disebabkan infeksi virus corona baru, SARS-CoV-2 ini mungkin telah berevolusi dengan cepat di usus anjing yang mengonsumsi kelelawar pembawa virus corona.

Hipotesis itu diungkapkan ahli biologi asal Kanada. Melalui serangkaian teori pada sebuah penelitian yang diajukan para ilmuwan yang menyelidiki asal virus tersebut.

Virus SARS-CoV-2 telah diyakini para ahli virologi berasal dari kelelawar, sebelum ditularkan ke manusia melalui hewan lain, seperti ular dan trenggiling yang telah diklaim sebagai inang perantara virus corona baru ini.

Teori ini sekarang tengah diperdebatkan oleh Xuhua Xia, profesor biologi di University of Ottawa yang memeriksa lebih dari 1.250 genom dari keluarga virus corona yang sama dengan SARS-CoV-2.

Baca juga: Anjing di Hong Kong Terinfeksi Virus Corona Lemah, Begini Analisisnya

Prof Xia yang juga mempelajari evolusi molekuler gen ini menyimpulkan strain virus yang diisolasi dalam ular dan trenggiling menyimpang terlalu jauh dari virus SARS-CoV-2.

"Pengamatan kami telah memungkinkan pembentukan hipotesis baru untuk asal dan transmisi awal SARS-CoV-2," kata Prof Xia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X