Handuk Kertas Efektif Hilangkan Virus yang Menempel Usai Cuci Tangan

Kompas.com - 17/04/2020, 12:01 WIB
Ilustrasi memakai handuk kertas usai cuci tangan efektif hilangkan virus. Shutterstock/ThermchaiIlustrasi memakai handuk kertas usai cuci tangan efektif hilangkan virus.

KOMPAS.com - Studi terbaru menganjurkan semua orang untuk mengeringkan tangan dengan paper towel atau handuk kertas usai mencuci tangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona baru SARS-CoV-2, penyebab pandemi Covid-19.

Otoritas kesehatan global telah menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air untuk melindungi diri dari Covid-19.

Tangan yang terkontaminasi adalah jalur utama transmisi kuman yang berpotensi menyebarkan patogen dari gagang pintu, keran, dan sebagainya, dan akhirnya menyebabkan infeksi ketika orang menyentuh wajah mereka.

Namun tidak semua orang dapat mencuci tangan dengan benar dan bersih.

Untuk membersihkan tangan dari mikroba yang terlewat, mengeringkan tangan dengan handuk kertas jauh lebih efektif dibanding menggunakan mesin pengering tangan.

Baca juga: Ahli Tegaskan, Sarung Tangan Medis Sekali Pakai Tak Bisa Cegah Corona

Ini merupakan kesimpulan riset berskala kecil yang dilakukan ahli dari NHS Trust Teaching Hospitals di Universitas Inggris.

"Kami percaya bahwa kesimpulan kami relevan dengan penyebaran virus corona yang meluas dengan cepat ke seluruh dunia," kata para penulis yang dipimpin Ines Moura dari Universitas Leeds.

"Handuk kertas menjadi cara paling efektif untuk mengeringkan tangan setelah dicuci. Ini (handuk kertas) dapat mengurangi kontaminasi dan penyebaran virus," imbuh Moura seperti dilansir Science Alert, Jumat (17/4/2020).

Dalam penelitiannya, Moura dan tim melibatkan empat relawan dengan tangan terkontaminasi bakteriofag, virus yang menginfeksi bakteri dan tidak berbahaya bagi manusia.

Kemudian tim meminta keempat relawan itu untuk membersihkan tangan mereka dari mikroba.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X