Kompas.com - 17/04/2020, 09:26 WIB
Ilustrasi sarung tangan sekali pakai dipakai saat berbelanja. Shutterstock/CoolpicureIlustrasi sarung tangan sekali pakai dipakai saat berbelanja.

KOMPAS.com -Saat krisis corona, dalam keseharian, baik di supermarket dan pasar tradisional makin banyak terlihat orang yang tidak hanya mengenakan masker melainkan juga sarung tangan medis sekali pakai.

Tujuannya, untuk melindungi diri dari virus SARS-CoV-2 yang sangat menular. Persediaan sarung tangan sekali pakai di toko-toko kebutuhan higienis kini nyaris kosong.

Pemikiran logis di belakang penggunaan sarung tangan sekali pakai adalah, infeksi terutama menular lewat sentuhan tangan, selain lewat droplet saat batuk atau bersin.

Jika tangan menyentuh sesuatu, dan kemudian menyentuh wajah, virus corona bisa masuk ke mulut, hidung atau mata dan akhirnya ke dalam tubuh.

Baca juga: Korea Selatan Sukses Tangani Corona, Ternyata Belajar dari Wabah MERS

Material sarung tangan medis berpori

Sarung tangan sekali pakai memang biasanya dipakai oleh dokter praktik atau tenaga paramedis. Namun tujuannya untuk melindungi tangan dari kontaminasi berbahaya, seperti darah atau cairan tubuh lainnya.

Perlu diketahui, sarung tangan ini hanya bisa melindungi kita dari kontaminasi bakteri atau virus dalam waktu sangat singkat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebabnya, material sarung tangan semacam itu berpori. Jadi jika kita lebih lama mengenakannya, makin mudah patogen menembus lapisan pelindung tersebut.

Karena itu personal di bidang medis, biasanya melakukan disinfeksi tangan secara menyeluruh, setelah memaki sarung tangan jenis itu.

Sarung tangan sekali pakai, jelas tidak bisa menggantikan regulasi higiene ini.

Perlindungan semu

Sarung tangan sekali pakai berbahan latex, vinil, atau nitril hanya memberikan perasaan steril.Tapi ini perasaan perlindungan semu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X