Khawatir Terinfeksi Corona, Ini 11 Cara agar Tidak Tertular Covid-19

Kompas.com - 08/04/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi pencegahan dan penularan virus corona, pasien virus corona ShutterstockIlustrasi pencegahan dan penularan virus corona, pasien virus corona


KOMPAS.com- Melakukan pencegahan adalah cara terbaik dalam menghadapi wabah virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19, yang sudah melanda lebih dari 200 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Tidak sedikit masyarakat yang merasa khawatir saat memiliki keluhan atau gejala yang menyerupai pertanda infeksi Covid-19 di tubuhnya.

Lantas, kekhawatiran itu bisa diantisipasi dengan melakukan pencegahan sebaik mungkin agar terhindar dari infeksi virus corona, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Apa saja pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari infeksi Covid-19?

Baca juga: Panduan Cegah Corona di Rumah, Ini Rencana Aksi yang Bisa Dilakukan

1. Rutin cuci tangan

Mencuci tangan pakai sabun adalah hal yang penting dalam upaya mencegah diri Anda dari berbagai jenis organisme jahat, termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini.

Rutin mencuci tangan pakai sabun ini juga menjadi rekomendasi utama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Setelah memegang benda-benda apapun, dan saat akan melakukan apapun terutama makan dan menyentuh organ sensitif seperti mulut, mata dan hidung, lakukan cuci tangan dengan baik dan benar agar dapat mengurangi risiko kuman jahat ikut masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Panduan Mencegah Virus Corona, Cara Cuci Tangan yang Benar

2. Gunakan antiseptik

Pada saat Anda, memang dalam kondisi tidak memungkinkan melakukan cuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau antiseptik.

Antiseptik atau hand sanitizer umumnya memiliki kandungan alkohol yang berfungsi membunuh kuman yang ada di tangan Anda, meskipun tidak 100 persen.

Ketua Magister Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko MS SpOK mengingatkan bahwa menggunakan hans sanitizer juga tidak boleh terlalu sering, karena berpotensi membuat kulit Anda kering.

Jadi sebaiknya, jika Anda terpaksa harus menggunakan hand sanitizer, setidaknya setelah maksimal lima kali pemakaian Anda harus mencuci tangan dengan sabun, untuk menghindari kekeringan pada kulit tangan Anda tersebut.

Kulit yang kering sangat berisiko menjadi luka terutama bagi orang usia lanjut dan orang dengan diabetes.

3. Hindari kontak fisik

Upayakan untuk menghindari kontak fisik dengan dengan siapapun untuk menghindari tertular virus corona.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X