Seri Baru Jadi Ortu: Bolehkah Bayi Makan Durian?

Kompas.com - 08/04/2020, 13:30 WIB
Ilustrasi durian. shutterstock.com/WIRACHAIPHOTOIlustrasi durian.

KOMPAS.com – Pada dasarnya, durian merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan durian antara lain vitamin C, kalsium, zat besi, zinc, dan antioksidan.

Dengan kandungan baik tersebut, logikanya durian boleh dimakan oleh anak-anak bahkan bayi. Namun di sisi lain, durian juga mengandung serat dalam jumlah besar dan mudah menyerap air.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Jangan Berikan Madu kepada Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A.

Durian mengandung serat dalam jumlah besar dan mudah menyerap air sehingga berisiko menyebabkan kesulitan Buang Air Besar (konstipasi) pada bayi, apalagi jika tidak dikunyah dengan baik sebelumnya,” tutur Cynthia kepada Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A.RSPI Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A.

Selain itu, lanjut ia, tekstur durian yang lengket juga meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pada area tenggorokan. Hal ini menyebabkan kesulitan bernapas pada bayi.

Durian juga mengandung kadar gula yang sangat tinggi, yang tentu kurang baik untuk bayi.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Benarkah Kopi Bisa Mencegah Bayi Kejang?

“Anak yang berusia di atas 1 tahun mulai dapat diperkenalkan dengan makanan keluarga. Namun pada umumnya baru akan mampu mengonsumsi makanan keluarga dengan baik pada usia 2-3 tahun,” tambah Cynthia.

Oleh karena itu, sebaiknya tunggulah sampai anak berusia 2-3 tahun jika ingin mulai mengenalkan durian.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X