Gejala Presimptomatik Muncul Setelah Diagnosis Positif Corona

Kompas.com - 04/04/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi pencegahan dan penularan virus corona, pasien virus corona ShutterstockIlustrasi pencegahan dan penularan virus corona, pasien virus corona


KOMPAS.com- Penularan virus corona tanpa gejala atau asimptomatik, menjadikan wabah Covid-19 ini sangat berbahaya bagi masyarakat.

Namun, beberapa kasus penularan tanpa gejala ini juga kemudian menunjukkan gejala sakit setelah beberapa hari diagnosis dilakukan atau disebut dengan presimptomatik.

Lalu, apa yang perlu diketahui tentang asimptomatik dan presimptomatik?

Konfirmasi pertama bahwa virus corona baru ini ditularkan tanpa gejala muncul pada Februari lalu di China.

Baca juga: Virus Corona Paling Menular di Minggu Pertama Gejala, Ini Penjelasannya

Studi kasus dilakukan pada seorang perempuan usia 20 tahun di Wuhan, yang meneruskan virus corona kepada lima anggota keluarganya, tetapi dia tidak pernah mengalami sakit secara fisik.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Robert Redfield mengatakan 25 persen orang yang terinfeksi virus corona baru tidak menunjukkan gejala apapun, bahkan jatuh sakit.

Akan tetapi, mereka masih dapat menularkan penyakit Covid-19 ini kepada orang lain.

"Kami telah mengonfirmasi sejumlah besar orang yang terinfeksi tidak menujukkan gejala," ungkap Redfield, melansir Science Alert, Sabtu (4/4/2020).

Baca juga: Selain Batuk Kering, Ini Gejala Infeksi Virus Corona yang Tidak Biasa

Dalam studi WHO, juga menunjukkan 75 persen orang di China yang pertama kali diklasifikasikan sebagai asimptomatik, kemudian mengalami gejala.

Itu berarti, secara teknis, kemungkinan transmisi presimptomatik adalah umum.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X