Fosil Gigi Ungkap Anjing Laut Tanpa Telinga Pernah Hidup di Australia

Kompas.com - 04/04/2020, 13:03 WIB
Fosil gigi anjing laut tanpa telinga yang ditemukan di pantai Victoria, Australia. James RuleFosil gigi anjing laut tanpa telinga yang ditemukan di pantai Victoria, Australia.


KOMPAS.com- Sebuah fosil anjing laut yang ditemukan di pantai Victoria menjadi kunci dalam mengungkap sejarah dan geografi anjing laut tanpa telinga di Australia pada 3 juta tahun lalu.

Spesimen prasejarah ini, seperti melansir Pysh, Sabtu (4/4/2020), adalah fosil anjing laut tanpa telinga yang kedua yang pernah ditemukan di Australia.

Fosil ini membuktikan sekelompok mamalia laut, seperti anjing laut berbulu dan singa laut pernah mendiami Australia dan dikenal sebagai monachine yang saat ini sudah punah.

Sejarah spesimen langka ini diterbitkan di Journal of Vertebrate Paleontology oleh para ilmuwan dari Monash University's School of Biological Sciences and Department of Anatomy and Developmental Biology, dan Museum Victoria.

Baca juga: Fosil Nenek Moyang Ayam Ditemukan di Belgia, Dijuluki Wonder Chicken

"Gigi ini, kira-kira berumur 3 juta tahun, dan menceritakan kisah yang mirip dengan apa yang terjadi di Afrika Selatan dan Amerika Selatan di masa lalu," kata James Rule, ketua tim peneliti.

Rule menjelaskan anjing laut monachine tanpa telinga dulunya mendominasi pantai selatan dan perairan.

"Kemudian mereka menghilang, dan digantikan anjing laut bertelinga," sambung dia.

Penemuan ini, kata Rule, memberikan kontribusi penting bagi pemahaman tentang sekelompok mamalia laut yang ikonik ini. Sebab, sejauh ini, fosil anjing laut sangat jarang ditemukan secara global.

Seorang ilmuwan warga negara Australia dan pengumpul fosil amatir menemukan gigi itu, ketika berjalan-jalan di sepanjang pantai di Portland, Victoria barat.

Baca juga: Jutaan Ton Alat Tangkap Ikan Ancam Kehidupan Paus dan Anjing Laut

Akan tetapi, setelah beberapa tahun kemudian, ia baru menyumbangkan fosil itu ke Museum Victoria. Lalu diketahui gigi tersebut adalah fosil dari sekelompok anjing laut tanpa telinga yang telah punah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber PHYSORG
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X