Fosil Gigi Ungkap Anjing Laut Tanpa Telinga Pernah Hidup di Australia

Kompas.com - 04/04/2020, 13:03 WIB
Fosil gigi anjing laut tanpa telinga yang ditemukan di pantai Victoria, Australia. James RuleFosil gigi anjing laut tanpa telinga yang ditemukan di pantai Victoria, Australia.

KOMPAS.com- Sebuah fosil anjing laut yang ditemukan di pantai Victoria menjadi kunci dalam mengungkap sejarah dan geografi anjing laut tanpa telinga di Australia pada 3 juta tahun lalu.

Spesimen prasejarah ini, seperti melansir Pysh, Sabtu (4/4/2020), adalah fosil anjing laut tanpa telinga yang kedua yang pernah ditemukan di Australia.

Fosil ini membuktikan sekelompok mamalia laut, seperti anjing laut berbulu dan singa laut pernah mendiami Australia dan dikenal sebagai monachine yang saat ini sudah punah.

Sejarah spesimen langka ini diterbitkan di Journal of Vertebrate Paleontology oleh para ilmuwan dari Monash University's School of Biological Sciences and Department of Anatomy and Developmental Biology, dan Museum Victoria.