Meski Sedang Wabah Corona, Jangan Cuci Buah dan Sayur dengan Sabun

Kompas.com - 30/03/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi buah firinaIlustrasi buah

KOMPAS.com - Di tengah pandemi global Covid-19 ini, tak henti-hentinya masyarakat diingatkan untuk menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun permukaan benda-benda sekitar. Salah satu caranya dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Akan tetapi, para ahli makanan melarang Anda membersihkan buah dan sayur dengan menggunakan sabun.

Benjamin Chapman, seorang profesor dan spesialis keamanan makanan di North Carolina State University, menjelaskan bahwa meminum atau memakan makanan yang dicuci dengan sabun dapat menyebabkan mual dan gangguan pada perut.

Imbauan ini muncul karena video yang dipublikasikan Dr. Jeffrey VanWingen, seorang dokter keluarga di Grand Rapids, Michigan, di YouTube pada 24 Maret.

Baca juga: Panduan Mencegah Corona, Saat Harus ke Rumah Orang Lain untuk Bekerja

Dalam videonya, VanWingen menjelaskan mengenai cara-cara melindungi diri dari virus corona ketika harus bepergian ke luar untuk membeli makanan. Salah satu rekomendasinya adalah membersihkan makanan yang dibeli dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Namun, tindakan itu justru dapat menimbulkan masalah pencernaan, seperti iritasi pencernaan ringan, mual, muntah, diare dan sakit perut.

Menurut Chapman, hal itu karena buah dan sayur dapat menyerap sabun, yang kemudian akan ikut tertelan ketika Anda makan.

Chapman pun berkata bahwa Anda cukup mencuci buah dan sayur dengan menggunakan air dingin mengalir, bukan dengan sabun.

Baca juga: Panduan Mencegah Virus Corona, Saat Barang dari Luar Masuk ke Dalam Rumah

Bagaimana dengan makanan yang dibungkus?

Selain mencuci buah dan sayur dengan sabun, VanWingen juga menyarankan untuk membersihkan wadah makanan dengan disinfektan atau bahkan membuangnya.

Memang, penelitian New England Journal of Medicine menjelaskan bahwa virus dapat menempel pada permukaan kardus selama 24 jam serta pada plastik dan stainless steel selama 72 jam.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X