Panduan Mencegah Corona, Saat Harus ke Rumah Orang Lain untuk Bekerja

Kompas.com - 30/03/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi pengiriman paket saat masa wabah virus corona. Ilustrasi pengiriman paket saat masa wabah virus corona.

KOMPAS.com - Dalam upaya mencegah penyebaran infeksi virus corona atau Covid-19, pemerintah Indonesia telah menghimbau untuk bekerja dari rumah dan melakukan physical distancing.

Namun, bagaimana bila pekerjaan Anda mengharuskan untuk datang ke rumah orang lain?

Dilansir dari situs resmi UCHealth, Kamis (19/3/2020); solusinya cukup mudah bagi Anda yang bekerja mengirimkan surat, paket atau makanan ke rumah orang lain.

Dr. David Beckham, pakar penyakit menular dari Sekolah Kedokteran University of Colorado, berkata bahwa petugas pos dan pengirim paket hanya perlu menghindari masuk ke rumah orang lain.

Baca juga: Panduan Mencegah Virus Corona saat Sampai Di Rumah Usai Bepergian

Tinggalkan paket, surat atau makanan yang dipesan di depan rumah orang tersebut setelah memberi kabar lewat telepon atau pesan singkat.

"Mintalah orang tersebut keluar untuk menerima paketnya. Jika Anda menghindari masuk ke rumah, Anda akan mengurangi risiko paparan secara signifikan," ujar Beckham.

Dia juga menyarankan kepada petugas pos yang harus memakai kendaraan bersama untuk selalu membersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti setir, pengganti gigi dan pegangan tangan.

Namun, lain halnya bila pekerjaan mengharuskan Anda masuk ke rumah, misalnya sebagai tukang ledeng atau teknisi.

Baca juga: Panduan Mencegah Corona, Saat Barang dari Luar Masuk ke Dalam Rumah

Beckham berkata bahwa dengan adanya wabah ini, sangat wajar bagi Anda untuk mengubah perilaku untuk memastikan keamanan Anda dan keluarga.

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari Beckham:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X