Gejala Covid-19 Sembuh, Pasien Masih Berpotensi Tularkan Virus Corona

Kompas.com - 30/03/2020, 18:02 WIB
Penanganan pasien terinfeksi virus corona di Korea Selatan. ShutterstockPenanganan pasien terinfeksi virus corona di Korea Selatan.


KOMPAS.com - Meski gejala Covid-19 telah hilang setelah delapan hari, beberapa pasien masih memiliki potensi dalam menularkan virus corona.

Para peneliti di China menemukan setengah dari pasien yang mereka rawat karena infeksi Covid-19 ringan masih memiliki virus corona hingga delapan hari setelah gejala.

Hasil studi baru ini telah diterbitkan secara online di American Thoracic Society's American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine.

Lixin Xie MD, Lokesh Sharma dan beberapa rekan penulis melaporkan studi yang dilakukan terhadap 16 pasien Covid-19 yang dirawat di Treatment Center of PLA General Hospital di Beijing.

Baca juga: Pilek dan Tenggorokan Kering, Gejala Covid-19 atau Pengaruh Cuaca?

Pasien yang dirawat itu terinfeksi antara 28 Januari dan 9 Februari 2020, dengan rata-rata usia pasien yakni 35 tahun.

Melansir Science Daily, Senin (30/3/2020), para peneliti mengumpulkan sampel swab tenggorakan pasien-pasien Covid-19 tersebut untuk dianalisis.

Pasien yang sembuh dari Covid-19 kemudian dipulangkan setelah pemulihan dan dikonfirmasi negatif virus corona, setidaknya setelah dilakukan dua kali tes PCR.

"Temuan paling signifikan dari penelitian kami adalah setengah dari pasien ini terus melepaskan virus bahkan setelah gejala mereka sembuh," kata Dr. Sharma, instruktur kedokteran Section of Pulmonary, Critical Care & Sleep Medicine, Department of Medicine, Yale School of Medicine.

Baca juga: Virus Corona Paling Menular di Minggu Pertama Gejala, Ini Penjelasannya

Dr. Sharma mengatakan infeksi yang parah kemungkinan dapat memerlukan pelepasan virus yang lebih lama.

Gejala utama pada pasien Covid-19 termasuk demam, batuk, nyeri pada faring atau tenggorokan dan kesulitan bernapas. Selanjutnya, gejala pada pasien-pasien ini kemudian diobati dengan berbagai obat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X