Panduan Mencegah Virus Corona Saat Sampai di Rumah Usai Bepergian

Kompas.com - 30/03/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi sampai di rumah usai bepergian, pulang kerja SHUTTERSTOCK/432186733Ilustrasi sampai di rumah usai bepergian, pulang kerja

KOMPAS.com - Jumlah kasus positif virus corona baru Covid-19 di Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari. Pemerintah pun mengimbau seluruh masyarakat agar sebisa mungkin bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah guna mencegah penularan virus corona.

Idealnya, Anda memang tidak boleh bepergian ke luar rumah, kecuali untuk urusan tertentu yang bersifat mendesak.

Namun, jika memang harus ke luar rumah, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ketika sampai di rumah setelah bepergian, terutama di tengah wabah virus corona.

Baca juga: Panduan Mencegah Virus Corona di Transportasi Publik dan Tempat Ibadah

Hal yang harus dilakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian

Meski masyarakat diimbau agar tetap berada di dalam rumah selama wabah virus corona, ada kalanya beberapa dari Anda masih harus bepergian ke luar rumah untuk alasan mendesak tertentu.

Misalnya, membeli bahan makanan atau obat-obatan. Begitu pula bagi para pekerja yang masih harus bepergian ke luar rumah untuk tetap bekerja.

Oleh karena itu, guna mencegah penyebaran virus corona di dalam rumah, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian:

1. Lepas sepatu di pintu, sebelum masuk ke rumah

Ilustrasi rak atau tempat sepatu di luar rumahSHUTTERSTOCK/1016921758 Ilustrasi rak atau tempat sepatu di luar rumah

Melepas sepatu di pintu sebelum masuk ke rumah adalah hal pertama yang perlu dilakukan ketika Anda sampai di rumah setelah bepergian.

Sebaiknya, jangan melakukan kebiasaan menggunakan sepatu ke dalam rumah, apalagi sampai memakainya saat Anda menjatuhkan diri ke tempat tidur.

Pasalnya, hal tersebut dapat berisiko membawa berbagai macam virus, bakteri, atau kuman dari luar ke dalam rumah.

Nah, di saat wabah virus corona seperti sekarang, alangkah baiknya Anda selalu melepas sepatu di pintu sebelum masuk ke rumah.

2. Semprotkan cairan disinfektan pada barang yang dibawa bepergian

Selanjutnya, semprotkan cairan disinfektan pada barang-barang yang menempel atau yang Anda bawa saat bepergian. Misalnya, sepatu, pakaian, ponsel, tas, laptop, atau perangkat kerja lainnya.

Baca juga: [UPDATE] Data Kasus Covid-19 di DKI Jakarta per Kelurahan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X