Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seperti Sidik Jari, Lidah Manusia Juga Unik

KOMPAS.com - Lidah manusia memiliki banyak fungsi seperti yang telah dipelajari ketika masih bersekolah.

Selain berfungsi sebagai alat pengecap makanan, lidah memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Salah satu fungsi utama lidah adalah membantu dalam proses makan.

Selain itu, lidah juga berperan dalam proses pencernaan membantu menggerakkan makanan di dalam mulut.

Selain fungsi fisiknya yang terkait dengan makanan, lidah juga memainkan peran penting dalam kemampuan berbicara manusia.

Lidah membantu kita menyusun kata-kata dan suara yang akan diucapkan dengan benar.

Menariknya, lidah juga memiliki keunikan yang mirip dengan sidik jari pada setiap individu, seperti yang dikutip dari Science Daily edisi (14/12/2023).

Tiap individu memiliki papila lidah yang beda

Lidah manusia adalah organ kompleks yang terdiri dari papila, tunas kecil yang membantu dalam mengecap, berbicara, dan menelan.

Papila fungiformis berbentuk jamur berperan dalam pengecapan sementara papila filiform memberikan tekstur dan indra peraba pada lidah.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Jurnal Scientific Reports mengungkap wawasan baru tentang struktur biologis permukaan lidah dan perbedaan indra perasa dan sentuhan antar individu.

Sebuah tim peneliti dari Fakultas Informatika Universitas Edinburgh, bekerja sama dengan Universitas Leeds, menggunakan model komputer AI untuk memahami ciri-ciri unik papila.

Dengan lebih dari dua ribu pemindaian papila dari lima belas lidah model AI dilatih untuk memprediksi usia, jenis kelamin, dan jenis papila dengan akurasi tinggi.

Topologi, bidang matematika yang mempelajari struktur ruang digunakan untuk memetakan posisi papila filiform dan fungiform pada lidah.

Temuan menarik termasuk keunikan papila untuk setiap individu dengan kemampuan identifikasi individu mencapai 48 persen dari satu papila.

Profesor Rik Sakar, penulis senior menyatakan bahwa penelitian ini mendekatkan pemahaman lebih lanjut tentang struktur kompleks permukaan lidah.

Sambil merencanakan penerapan teknik serupa pada permukaan biologis lain untuk mendeteksi dan mendiagnosis kondisi medis.

Lidah bisa sebagai alat otentikasi biometrik

Metode identifikasi biometrik seperti sidik jari telah lama digunakan tetapi lidah manusia juga memiliki keunikan yang khas, seperti sidik jari.

Lidah yang memiliki bentuk dan tekstur yang berbeda untuk setiap individu menjadi semakin populer sebagai alat otentikasi biometrik.

Dilansir dari Interesting Facts, Rabu (20/12/2023) lidah memiliki keunggulan karena relatif terlindungi dari perubahan akibat faktor eksternal dan proses pencetakan melibatkan kontrol sadar dan persetujuan yang tinggi.

Beberapa peneliti bahkan mulai mengeksplorasi gagasan database cetak lidah menggunakan kamera digital resolusi tinggi untuk merekam detail organ otot di dalam mulut.

Meskipun menjanjikan, penelitian ini masih dalam tahap awal namun membuka potensi penggunaan "lick to unlock" sebagai metode otentikasi yang lebih menarik di masa depan.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/12/25/063200523/seperti-sidik-jari-lidah-manusia-juga-unik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke