Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Makanan Kelinci Hanya Wortel?

KOMPAS.com - Di film-film kartun, kelinci selalu digambarkan sebagai hewan yang suka makan wortel. Tetapi apakah makanan kelinci hanya wortel?

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup populer selain anjing dan kucing. Di mana pun pasti sering melihat kelinci makan wortel dengan sangat lahapnya.

Namun, sebenarnya apa makanan kelinci dan apakah kelinci hanya suka wortel?

Dikutip dari AZ Animals, Sabtu (15/10/2022), di dunia ini ada sekitar 30 spesies kelinci liar, dan lebih dari 300 breed peliharaan yang berbeda di seluruh dunia.

Kendati setiap spesies dan ras kelinci sedikit berbeda, namun ternyata mereka memiliki sejumlah fitur yang sama, yaitu semua kelinci makan makanan yang sama.

Makanan kesukaan kelinci tidak hanya wortel

Kelinci adalah hewan yang termasuk dalam kelompok herbivora, atau hewan pemakan tumbuhan.

Makanan kelinci adalah jenis makanan yang sangat seimbang dari berbagai rumput, sayuran dan bahan tanaman lainnya.

Ternyata, kelinci juga tidak hanya suka mengunyah wortel dan selada, meskipun seringkali di film-film kartun anak-anak selalu ditunjukkan bahwa hewan bertelinga panjang ini sangat suka dengan sayuran tersebut.

Penting diketahui bahwa tubuh kelinci membutuhkan banyak serat untuk membantu mereka mencerna semua bahan tanaman mentah sebagai makanan mereka.

Sehingga, hewan kelinci pun berevolusi untuk dapat memakan banyak berbagai jenis sayuran dalam jumlah yang banyak.

Di antara banyak jenis tanaman yang dimakan kelinci, ternyata ada banyak jenis makanan yang sangat disukai hewan ini, seperti rumput, sayuran, jerami, daun-daunan, buah, pelet, kulit pohon dan rumput liar.

Makanan kelinci di alam liar

Kelinci hidup di berbagai habitat, sehingga makanan yang dimakan hewan ini pun beragam dan bergantung pada di mana mereka tinggal.

Hewan kelinci yang hidup di alam liar, sebagian besar akan makan rumput, pucuk daun dan daun yang tersedia di sekitar lingkungannya.

Secara umum, makanan kelinci di alam liar adalah rumput liar dan jerami. Jenis rumput makanan kelinci yang biasanya seperti gandum, alfalfa, rumput kebun, timothy, fescue dan ryegrass.

Sedangkan, kelinci juga akan memakan sayuran yang ditanam di kebun, seperti selada, wortel, dan sayuran hijau lainnya. Karena hal inilah, seringkali kelinci dianggap sebagai hama oleh para petani.

Makanan kelinci peliharaan

Tak jauh berbeda dengan kelinci liar. Kelinci yang dipelihara juga memiliki makanan yang sama. Biasanya, kelinci peliharaan juga menyantap rumput dan jerami.

Banyak pemilik kelinci juga memberi makan kelinci peliharaan mereka dengan sayuran hijau dan sayuran.

Makanan kelinci peliharaan di antaranya seperti selada, adas, bok choy, daun akar (wortel, lobak, bit), timun, kecambah, rumput gandum, selada air dan rempah.

Kendati kelinci bisa makan wortel, namun mereka tidak boleh memakannya terlalu sering, karena wortel mengandung karbohidrat yang tinggi.

Sayuran lain yang bisa dimakan kelinci peliharaan, tetapi harus dihindari terlalu sering termasuk brokoli, semanggi, dandelion, kangkung, bayam, dan bunga.

Meski jarang, namun sesekali pemilik juga bisa memberikan kelinci kesayangan mereka dengan buah, seperti apel, pir, pisang, anggur, beri, jeruk, melon, pepaya, semangka dan lain sebagainya.

Pemilik kelinci juga terkadang memberikan hewan peliharaan mereka ini dengan pelet. Pelet makanan kelinci ini biasanya merupakan suplemen dan bukan pakan kelinci yang utama.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/10/15/190200523/apakah-makanan-kelinci-hanya-wortel-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke