Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembatalan dan Perubahan Jadwal Tiket Whoosh Bisa Dilakukan "Online"

Kompas.com - 06/04/2024, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meluncurkan layanan pembatalan dan perubahan jadwal tiket Kereta Cepat Whoosh secara online melalui laman resmi KCIC dan aplikasi Whoosh.

Namun demikian, layanan ini hanya dapat dilakukan untuk tiket yang dibeli melalui aplikasi Whoosh dan website ticket.kcic.co.id.

Adapun proses pembatalan dan perubahan jadwal online dapat dilakukan paling lambat dua jam sebelum jadwal keberangkatan melalui akun pemesan. Sebelumnya, layanan pembatalan dan perubahan jadwal hanya bisa dilakukan di loket stasiun.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyebutkan, proses pembetulan atau perubahan jadwal melalui online ini merupakan salah satu langkah untuk mempermudah layanan kepada penumpang.

Layanan ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi para penumpang yang ingin membatalkan atau menunda perjalanannya dengan Whoosh.

"Sesuai komitmen yang selalu kami pegang, pegembangan dan peningkatan pelayanan akan terus kami lakukan. Pembatalan dan perubahan jadwal online ini membuat penumpang bisa lebih fleksibel dan lebih mudah dalam melakukan perjalanan," ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: Momen Lebaran Perdana, Whoosh Tambah Jumlah Perjalanan

Tahapan pembatalannya adalah penumpang harus memiliki aplikasi Whoosh versi terbaru yaitu Android V1.1.002 atau iOS 1.1.001.

Kemudian penumpang harus mendaftarkan nomor rekening yang akan menerima uang pembatalan di menu akun.

Di menu kotak masuk tab lunas, pilih tiket yang akan dibatalkan atau diubah jadwalnya. Lalu klik change untuk mengubah jadwal atau cancel untuk membatalkan tiket.

Uang pembatalan akan ditransfer paling lambat 15 hari sejak tanggal pengajuan sebesar 75 persen di luar bea pesan ke rekening yang didaftarkan.

Sedangkan untuk perubahan jadwal, penumpang akan diarahkan untuk membeli tiket baru terlebih dahulu dan uang tiket atas perubahan jadwal akan akan ditransfer paling cepat pada hari yang sama sebesar 75 persen di luar bea pesan ke rekening yang didaftarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com