Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Lebaran Perdana, Whoosh Tambah Jumlah Perjalanan

Kompas.com - 05/04/2024, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut momen mudik perdananya, Kereta Cepat Whoosh menambah jumlah perjalanan sebesar 30 persen.

General Manager Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, masa angkutan Lebaran Whoosh berlangsung pada 3-18 April 2024.

Pada periode tersebut, KCIC mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan reguler dan 12 perjalanan tambahan.

Totalnya, sebanyak 52 perjalanan per hari atau 31.000 tempat duduk yang tersedia untuk melayani penumpang pada masa libur Lebaran.

Dengan bertambahnya jadwal perjalanan tersebut, headway Whoosh pada jam sibuk mencapai hingga 25 menit.

Whoosh akan beroperasi mulai pukul 06.40-20.30 WIB untuk relasi Halim-Tegalluar dan pukul 05.50-20.30 WIB untuk relasi Tegalluar-Halim.

Baca juga: Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus 2 Juta Orang

Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

"Jumlah ini merupakan rekor tersendiri bagi KCIC, di mana sebelumnya jumlah perjalanan tertinggi per harinya hanya sebanyak 48 perjalanan," ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi.

Adapun peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi pada periode libur panjang.

Penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi.

Selain itu, KCIC juga telah berkordinasi dengan seluruh operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan para penumpang dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya.

Tersedia layanan mulai dari LRT Jabodebek, Commuterline, Bus TransJakarta, Bus Trans Metro Pasundan, Bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, shuttle, dan taksi yang siap melayani seluruh penumpang Whoosh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com