Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Mudik Lebaran, HK Gelar Apel Siaga di Seluruh Tol Kelolaan

Kompas.com - 29/03/2024, 06:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menggelar Apel secara serentak di seluruh ruas tol, Kamis (28/3/2024) dengan pelaksanaan terpusat dilaksanakan di Rest Area KM 118 Jalur Jalan Tol Indrapura-Kisaran.

Selain memastikan kesiapan layanan operasional tol, dalam agenda apel tersebut dilakukan pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Lebaran 2024.

Kemudian, pengecekan kendaraan siaga di antaranya yakni kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya, launching panduan mudik bertajun Trans Sumatera Ramadhan Guidebook 2024, serta penekanan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di jalan tol Hutama Karya.

Baca juga: Usai PHO, Tol Bangkinang-Koto Kampar Fungsional Mudik Lebaran Ini

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Tjahjo Purnomo mengatakan, perseroan berkomitmen untuk memastikan pelayanan yang optimal selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 ini.

Hal ini mengingat trafik Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) diprediksi akan meningkat sebanyak 49 persen jika dibandingkan kondisi normal pada momen mudik ini.

Selain itu, ditambah dengan beberapa ruas baru yang baru beroperasi dan dibuka secara fungsional.

"Jadi, kami perlu memastikan betul kesiapan pelayanan baik dari sisi operasional, fasilitas, maupun kebijakan sehingga pemudik dapat dengan nyaman melintas di JTTS,” ujar Tjahjo dalam siaran pers, Kamis (28/3/2024).

Tjahjo menambahkan, pemilihan lokasi apel ini didasari karena rest area ini merupakan salah satu yang baru dan rencananya akan dioperasikan secara fungsional pada momen Mudik Lebaran ini.

Pada momen Mudik Lebaran 2024, Hutama Karya akan mengoperasikan sebanyak 21 rest area.

Ini terdiri dari 9 rest area permanen, dan masing-masing rest area sementara maupun fungsional.

Sejumlah strategi juga disiapkan oleh Hutama Karya untuk mencegah tejadinya kepadatan di gerbang tol (GT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com