Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai PHO, Tol Bangkinang-Koto Kampar Fungsional Mudik Lebaran Ini

Kompas.com - 26/03/2024, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) berencana memfungsionalkan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar).

Asal tahu saja, telah dilakukan Provisional Hand Over (PHO) terhadap pekerjaan lanjutan yang menjadi lingkup anak usaha Hutama Karya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur atau HKI tersebut.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (21/3/2024-22/3/2024) lalu di Provinsi Riau.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan, kegiatan ini merupakan tahapan dalam upaya mempercepat pengoperasian jalan tol yang lebih baik, dengan pemeriksaan yang dilaksanakan sesuai ketentuan kontrak yang berlaku.

Alhamdulillah, selama dua hari tersebut sudah dilakukan pemeriksaan yang meliputi pengecekan kelengkapan administrasi, hingga kondisi fisik pekerjaan. Targetnya, jalan tol ini dapat kita fungsionalkan pada lebaran untuk mendukung mobilitas pemudik, khususnya di Riau,” ujar Tjahjo dalam siaran pers, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: 2.835 Kilometer Jalan Tol Siap Dilintasi Para Pemudik

Pelaksanaan permohonan Uji Laik Fungsi (ULF) Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) akan segera diajukan untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan harapan dapat menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan tahun 2024.

Dalam proses pembangunannya, Hutama Karya menggunakan sejumlah teknologi konstruksi di antaranya Jembatan Unibridge untuk efisiensi struktur pada kontur yang ekstrim, serta struktur ringan dengan bentang panjang yang dapat mengefisiensi desain pada struktur pondasi dan kolomnya.

Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) memiliki mainroad sepanjang
24,7 kilometer, dengan jumlah lajur 2x2.

Adapun kecepatan rencana tol ini 80 kilometer per jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari semula 1 jam menjadi hanya 15 menit-20 menit.

Untuk jalan tol ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas struktur meliputi 8 jembatan, 9 box pedestrian+box culvert, 3 overpass, 1 interchange, dan 2 gerbang tol (GT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com