Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Jawa Bakal Ketambahan 49,8 Km Ruas Jalan Tol Baru Saat Lebaran

Kompas.com - 26/03/2024, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sedang mempersiapkan 6 ruas jalan tol baru yang akan difungsikan untuk kelancaran arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2024.

Di mana dari 6 ruas jalan tol fungsional sepanjang 163,1 km tersebut, tiga ruas di antaranya berada di Pulau Jawa dengan total panjang mencapai 49,8 km.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan, sebagai tambahan pada 2024, pemerintah bisa memfungsikan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan dari arah Sadang ke Kutanegara sepanjang 8,5 km.

"Kemudian tidak kalah penting Tol Yogyakarta-Solo, ruas Kartosuro-Karanganom (Klaten) sepanjang 22,3 km, yang bisa memecah lalulintas hampir sepertiga jarak antara Solo-Yogyakarta," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (26/03/2024).

Baca juga: Ini Jam Operasi 6 Ruas Tol Fungsional Saat Mudik Lebaran

Ruas tol yang siap fungsional lainnya adalah Tol Cimanggis-Cibitung ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19 km.

Jalan Tol Cimanggis Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) terkoneksi antar ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional.

 

"Tol Cimanggis-Cibitung kita fungsikan dengan harapan masyarakat dari arah Pamulang, Depok, Tangerang bisa masuk ke JORR-2 dan langsung ke Cikampek, sehingga mengurangi penumpukan di dalam kota," imbuhnya.

Endra pun berharap dengan adanya tambahan ruas tol fungsional ini tidak hanya mengantisipasi saat mudik Lebaran saja, tetapi juga mempermudah akses pariwisata.

"Ke titik-titik destinasi pariwisata yang akan dipadati pengunjung karena masa liburnya panjang," pungkasnya.

Sebagai informasi, total panjang jalan tol di Indonesia hingga tahun 2024 ialah 2.836 km yang tersebar di Pulau Sumatera 884 km, Pulau Jawa 1.783 km, Pulau Bali 10 km, Pulau Kalimantan 97 km, dan Sulawesi 62 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com