Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tegas Basuki, Kementerian PUPR Komitmen Pakai Produk Dalam Negeri

Kompas.com - 19/03/2024, 17:26 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong pemanfaatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur.

"Saya sangat mendorong penguatan produk dalam negeri, khususnya bahan-bahan untuk pembangunan di PUPR seperti aspal dan cat," kata Basuki saat melakukan kunjungan ke pabrik cat PT Propan Raya di Tangerang, Senin (18/3/2024), dikutip dari keterangan resmi.

Basuki mengapresiasi Propan sebagai merek cat yang merupakan produk anak bangsa dan telah berkontribusi dalam beberapa pembangunan insfrastruktur yang dilaksanakan Kementerian PUPR.

"Mudah-mudahan kolaborasi ini terus dapat dilanjutkan dengan slogan berinovasi terus menerus untuk Indonesia Maju," lanjutnya.

Basuki juga menyatakan komitmen Kementerian PUPR untuk terus menggunakan produk dalam negeri selama produk yang dihasilkan berkualitas.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Iwan Suprijanto mengusulkan agar dapat memberikan jaminan peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Kementerian PUPR Perbaiki Prasarana Umum Terdampak Banjir Sumbar

"Saya juga mengusulkan dapat dibuat Katalog Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di masing-masing halaman internet produsen sebagai informasi terbuka bagi konsumen, sehingga memudahkan kami sebagai user untuk memilih dan memudahkan audit TKDN," ucap Iwan.

Di sisi lain, President Director PT Propan Raya Hendra Adidarma mengungkapkan, pihaknya tidak hanya fokus kepada peningkatan kuantitas dan kualitas produksi, tetapi kita juga banyak mendidik pelajar hingga mahasiswa untuk membuat cat yang berkualitas.

"Komitmen kita adalah untuk mendukung pembangunan di Indonesia," tutur Adidarma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com