Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun Ini, Konstruksi Dua Ruas Tol Serang-Panimbang Rampung

Kompas.com - 17/03/2024, 08:34 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Panjang ruas Jalan Tol Serang-Panimbang yang beroperasi akan bertambah panjang pada akhir tahun 2024.

Sebab, terdapat dua ruas yang ditargetkan selesai konstruksinya akhir tahun ini.

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Sabtu (16/03/2024), Jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 Km terbagi menjadi tiga seksi.

Di mana baru Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km yang telah beroperasi sejak tahun 2021.

Sementara, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 Km masih dalam proses konstruksi dengan progres konstruksi mencapai 55,83 persen, dan Seksi 3A Cileles-Bojong sepanjang 17,46 Km dengan progres mencapai 68,19 persen.

Kemudian untuk Seksi 3B Bojong-Panimbang sepanjang 15,54 Km masih belum dimulai konstruksinya.

Adapun untuk Seksi 2 dan Seksi 3A menghubungkan Rangkasbitung-Cileles-Bojong ditargetkan akan selesai konstruksinya pada tahun 2024.

Baca juga: Tol Cikeas-Cibitung Diresmikan Segera, Bisa Dilewati Mudik Lebaran

Untuk diketahui, Jalan Tol Serang-Panimbang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diharapkan dapat memberikan pertumbuhan perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, dan memperlancar konektivitas kawasan pariwisata di Provinsi Banten.

Jalan tol ini akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju obyek wisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 5 jam menjadi 2 jam-3 jam.

Selain itu, kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan yang secara geografis berdekatan dengan wilayah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com