Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Pembeli Properti Bebas PPN, Modernland Tambah Fasilitas

Kompas.com - 23/02/2024, 20:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,2 persen pada 2024 dengan mempertimbangkan kondisi global dan domestik.

Sebelumnya, International Monetary Fund (IMF) juga menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,05 persen tahun 2023 memberikan banyak peluang bagi beberapa sektor industri, termasuk properti.

Terkait hal ini, Direktur Utama PT Mitra Sindo Sukses Kelvin O Lesmana mengatakan, sektor properti terus menunjukan indikator positif dan bergerak naik.

Terlebih, kebutuhan akan rumah sebenarnya tidak akan pernah berhenti, khususnya untuk calon pembeli rumah pertama yang kebutuhannya akan selalu ada.

Baca juga: Ada Diskon PPN 100 Persen, Royal Tajur Siapkan 50 Rumah

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dalam kondisi faktual dana simpanan (tabungan) masyarakat di bank terus meningkat dengan jumlah yang sangat besar.

Situasi ini tentu menjadi sebuah peluang positif bagi para pelaku ekonomi di bidang properti agar dapat terus mengedukasi dan meyakinkan masyarakat untuk memindahkan dananya ke produk properti khususnya rumah tapak (landed house).

Karena itu, Kelvin percaya diri tahun 2024 merupakan waktu yang tepat untuk memiliki properti baru, karena sepanjang tahun ini ada program insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN DTP).

Kebijakan ini resmi dirilis seiring terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 007 tahun 2024 sehingga para investor bisa memiliki rumah baru tanpa harus membayar PPN.

PPN DTP ini dapat dimanfaatkan untuk setiap satu orang pribadi atas perolehan satu rumah tapak atau satu rumah susun.

Baca juga: PPN DTP, Angin Segar bagi Sinarmas Land Capai Target 2024

Orang pribadi yang telah memanfaatkan insentif PPN DTP sebelum berlakunya PMK 120/2023 pada tahun 2023 lalu dapat kembali memanfaatkan insentif PPN DTP ini.

Kondisi inilah yang menyebabkan pengembang tetap optimistis untuk meluncurkan produk-produk baru khususnya residensial.

PT Modernland Realty Tbk sendiri memanfaatkan peluang ini dengan menghadirkan Vastu @Garden City seluas 7,5 hekta di dalam kawasan Jakarta Garden City.

Setelah diluncurkan pada akhir 2023 lalu, progres pembangunan Vastu @Garden City saat ini telah memasuki tahapan pembangunan infrastruktur berupa jalan dan landscape, menyusul gerbang utama yang telah lebih dulu rampung pembangunannya.

Selain infrastruktur, Modernland Realty secara resmi juga telah memulai pembangunan fasilitas janapada.

Komitmen ini direalisasikan dengan menggelar seremoni peletakan batu pertama pembangunan janapada Vastu @Garden City, Jumat (23/2/24).

“Fasilitas ini merupakan janapada kedua yang dibangun di Jakarta Garden City. Dilengkapi berbagai fitur sepertikolam renang dewasa, kolam renang anak dan Jacuzzi, fitness center, serta ruangan serbaguna,” ujar Technical General Manager Jakarta Garden City Ruswin Yusdiantoro.

Janapada ini menempati lahan seluas 3.500 meter persegi ini yang dapat dimanfaatkan penghuni untuk melakukan sejumlah aktivitas olahraga serta rekreasi sekaligus bersosialisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com